Ini Daftar Jalan Tol yang Akan Dibangun dalam Waktu Dekat

Rully Ramli ยท Selasa, 30 April 2019 - 15:35 WIB
Ini Daftar Jalan Tol yang Akan Dibangun dalam Waktu Dekat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan akan tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur pada tahun ini di samping membangun sumber daya manusia (SDM). Dalam waktu dekat, sejumlah tol akan segera dibangun.

"Pembangunan infrastruktur akan tetap menjadi prioritas pada tahun-tahun berikutnya sebagai kelanjutan dari pemerintahan saat ini, di samping penguatan pembangunan SDM," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Selasa (30/4/2019).

Menteri Basuki mengatakan, sejauh ini jalan tol yang sudah beroperasi mencapai 949 km. Pembangunan jalan tol akan dilanjutkan hingga mencapai 1.848 km dalam lima tahun yang akan datang.

Dia menyebut, langkah ini akan terus dilakukan karena badan usaha semakin berminat untuk membangun ruas jalan tol. Apalagi, masyarakat merasakan manfaat kehadiran jalan tol.

"Sekarang hampir 1.000 km jalan tol baru sudah diresmikan dan dioperasikan. Manfaatnya sudah banyak dirasakan masyarakat dan banyak yang menyampaikan rasa terima kasih atas tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa," ucap dia.

Menteri Basuki mengungkapkan sejumlah ruas tol akan dimulai pembangunannya dalalm waktu dekat. Berikut rincian ruas jalan tol beserta statusnya:

1. Jalan Tol Semarang-Demak (menunggu penetapan pemenang lelang)
2. Jalan Tol Jogja-Solo (penetapan lokasi selesai, tinggal dilelang)
3. Jalan Tol Cigatas atau Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (dibangun tahun ini)
4. Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (dibangun tahun ini)
5. Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau-Muara Enim-Sp. Indralaya (dibangun tahun ini)
6. Jalan Tol Padang-Sicincin-Pekanbaru (dibangun tahun ini)
7. Jalan Tol Tebing Tinggi-Parapat (dibangun tahun ini)


Editor : Rahmat Fiansyah