Ini Sejumlah Ruas Tol yang Akan Diresmikan Jokowi Sebelum Akhir Tahun

Okezone ยท Senin, 11 Februari 2019 - 18:18 WIB
Ini Sejumlah Ruas Tol yang Akan Diresmikan Jokowi Sebelum Akhir Tahun

Tol Trans Jawa. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengebut penyelesaian proyek infrastruktur pada tahun ini. Salah satunya sejumlah proyek jalan tol yang peresmiannya sudah dijadwalkan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada beberapa ruas tol yang akan selesai tahun ini. Ruas Tol Pasuruan-Banyuwangi yang sudah dioperasikan secara fungsional akan segera diresmikan.

Ruas tol yang masuk dalam Tol Trans Jawa itu saat ini sedang dalam tahap uji kelaikan fungsi. Tol tersebut sempat dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Iya tadi Pasuruan-Banyuwangi. Sudah, sudah selesai tinggal perlu diresmikan. Saya kira kemarin sudah fungsional," ujar Menteri Basuki saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Selain itm lanjut Basuki, ruas tol yang akan diresmikan selanjutnya yaitu Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi). Sebelum Bocimi, Presiden sebelumnya sudah meresmikan ruas Tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer (km).

"Kemudian Bocimi juga kita akan teruskan, itu harus selesai," ucapnya.

Selanjutnya, ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar juga akan diselesaikan pada tahun ini. Ruas tol yang menjadi bagian Tol Trans Sumatera itu akan diresmikan pada Februari 2019 ini.

"Yang Bakauheni-Terbanggi Besar sudah selesai. Mudah mudahan bulan ini bisa diresmikan," ucapnya.

Terakhir, ruas tol Terbanggi Besar - Kayu Agung - Palembang. Ruas tol ini rencananya akan selesai dan diresmikan pada Juni 2019.

Menteri Basuki mengatakan, upaya mempercepat penyelesaian ruas tol tersebut bukan untuk kepentingan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Dia menyebut, Presiden Jokowi meminta agar proyek-proyek sebisa mungkin selesai sebelum akhir tahun ini di akhir masa pemerintahan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Giri Hartomo)


Editor : Rahmat Fiansyah