Jadi Orang Terkaya Termuda di Dunia, Ini Cara Kylie Jenner Berbisnis

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 15:05 WIB
Jadi Orang Terkaya Termuda di Dunia, Ini Cara Kylie Jenner Berbisnis

Kylie Jenner. (Foto: AFP)

LOS ANGELES, iNews.id - Kylie Jenner dinobatkan sebagai miliarder paling muda di dunia. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, Jenner sudah memiliki kekayaan 1 miliar dolar AS atau Rp14 triliun.

Bukan hanya menyandang status sebagai miliarder termuda versi Forbes, Jenner merupakan miliarder yang meraih kekayaan dengan hasil kerja keras sendiri (self-made).

BACA JUGA:

Kylie Jenner Jadi Miliarder Termuda di Dunia

Nama Jenner sudah masuk radar pada Juli 2018 saat perempuan kelahiran 10 Agustus 1997 itu muncul dalam halaman depan Majalah Forbes bertajuk "America's Richest Self-Made Women".

Kontroversi muncul karena Jenner lahir di keluarga yang kaya dan terpandang. Sementara yang lain menilai kekayaan tersebut berasal dari kemampuan Jenner dalam memanfaatkan media sosial.

Perdebatan kembali muncul saat Forbes mendapuknya sebagai miliarder termuda di dunia. Jenner mengalahkan rekor Mark Zuckerberg yang menjadi miliarder pada usia 23 tahun.

Lalu, bagaimana Jenner mendapat kekayaannya? Forbes mendefinisikan istilah miliarder "self made" sebagai orang yang mendirikan perusahaan atau menciptakan kekayaan sendiri, bukan diwariskan dari orang tuanya sebagian atau seluruhnya.

Jenner mendirikan perusahaan yang diberi nama Kylie Cosmetics. Menurut perhitungan Forbes, nilai perusahaan yang seluruhnya sahamnya dimiliki oleh Jenner tersebut mencapai 900 juta dolar AS. Jenner diperkirakan memiliki 100 juta dolar AS dari aset lain dan keuntungan dari perusahaan itu.

November 2018 menjadi momen penting bagi Kylie Cosmetics karena untuk pertama kali produknya dijual secara offline. Dalam tiga tahun terakhir, Jenner hanya menjualnya secara online. Kini, produk lip kits yang dihargai 29 dolar AS itu dijual di Ulta yang memiliki cabang lebih dari 1.000 toko.

Hanya dalam waktu 6 minggu, penjualan lip kits tersebut mencapai 54,5 juta dolar AS. Berkat ekspansi yang dilakukan Ulta, pendapatan Kylie Cosmetics mencapai 360 juta dolar AS pada tahun 2018. Hal ini mengantarkan Jenner debut sebagai miliarder.

"Saya tidak berharap apapun. Saya tidak berpikir apa yang ada di depan. Tapi (pengakuan) ini terasa sangat baik. Rasanya seperti sebuah tepukan dari belakang," kata Jenner.

Kylie Cosmetics didirikan pada 2015. Kemampuan Jenner mengeskalasi media sosial membuat pendapatan perusahaan tersebut melejit. Apalagi, beban operasionalnya sangat rendah. Hal ini membuat keuntungan yang diperoleh sangat besar.

Jumlah karyawannya hanya 12 orang: tujuh karyawan penuh waktu (full time) dan lima karyawan paruh waktu (part time). Pembuatan dan pengemasan produknya di-outsource kepada Seed Beauty, perusahaan label di California. Penjualan dan pengiriman produk dilakukan lewat merchant online Shopify.

Bagian keuangan perusahaan dan PR dipegang oleh ibunya dengan imbalan 10 persen dari biaya manajemen. Pemasaran seluruhnya dilakukan lewat media sosial (Snapchat, Instgram, Facebook, dan Twitter) oleh Jenner yang memiliki pengikut lebih dari 150 juta. Langkah ini termasuk teaser dan peluncuran produk.

"Ini sesungguhnya menggunakan kekuatan dari media sosial. Saya seperti memiliki jangkauan yang kuat dan luas sebelum melakukan apapun," ujar Kylie.


Editor : Rahmat Fiansyah