Jangan Sampai Salah, Ini 5 Tips Dasar Pilih Lokasi Usaha

Isna Rifka Sri Rahayu · Minggu, 27 Oktober 2019 - 22:11 WIB
Jangan Sampai Salah, Ini 5 Tips Dasar Pilih Lokasi Usaha

Memulai bisnis ditentukan oleh seberapa tepat memilih lokasi usaha. (Foto: Bloomberg)

JAKARTA, iNews.id - Memulai bisnis ditentukan oleh seberapa tepat memilih lokasi usaha. Salah memilih lokasi usaha dapat menyebabkan ketidakberhasilan bisnis yang akan dijalani.

Untuk memilih lokasi usaha yang tepat diperlukan riset yang mendalam. Pasalnya, tidak serta-merta lokasi yang akan dipilih ramai dengan orang berlalu-lalang dapat membuat banyak konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Oleh karenanya, iNews.id merangkum lima hal dasar yang perlu dicermati dalam memilih lokasi usaha. Berikut ulasannya:

1. Cari Lokasi Usaha yang Sesuai dengan Pasar

Lokasi usaha yang tepat tidak melulu ditentukan dengan keramaian. Meski banyak orang berlalu-lalang di tempat tersebut tapi produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka tentu produk tidak akan dilirik oleh konsumen.

Jika produk ditujukan untuk konsumen pelajar maka carilah lokasi usaha dekat dengan kampus, sekolah, atau tempat bimbingan belanjar. Produk tidak akan berhasil dijual jika lokasinya di tengah perkantoran.

Membuka usaha pada lokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan konsumen mengunjungi lokasi usaha. Selain akan menghemat waktu dan tenaga, lokasi yang dekat dengan konsumen juga dapat membuat mereka mudah mengenali produk yang dijual.

2. Lokasi Mudah Terlihat

Memilih tempat usaha yang mudah terlihat akan membuat tempat usaha mudah dikenali konsumen. Hal ini juga bisa menekan biaya promosi usaha. Terutama untuk jenis usaha seperti ritel, consumer goods, kuliner, dan fashion akan membutuhkan tempat usaha yang mudah dilihat banyak orang. 

Minimal brand usaha akan mudah dibaca orang yang lewat sehingga akan memudahkan mereka mengingat brand yang kita jual.

3. Lokasi yang Tingkat kompetisinya Rendah

Biasanya usaha yang sejenis akan berkumpul di satu tempat yang sama. Ini akan menyulitkan tingkat kompetisi usaha. Pasalnya, produk yang ditawarkan sama hanya berbeda harga dan kualitas.

Misalnya bisnis kuliner di dekat kampus akan ada banyak warung makan yang memberikan harga yang murah dan menu yang beraneka ragam. Ini akan menyulitkan Anda jika memiliki jenis bisnis yang sama. Kecuali anda yakin bisa menjual produk dengan harga yang lebih kompetitif tapi dengan kualitas yang lebih baik.

4. Sesuaikan Lokasi dengan Dana Sewa

Biasanya lokasi usaha yang ramai akan dipatok dengan harga sewa yang tinggi. Namun, biasanya harga sewa ini tidak main-main mahalnya sehingga justru menjadi beban ke depannya.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, harus cermat dalam mengalkulasi harga sewa lokasi usaha. Jangan sampai modal yang ada dihabiskan untuk bayar sewa tempat. Sementara keuntungan yang didapat tidak dapat menutup modal tersebut.

5. Besar Pendapatan Masyarakat di Lokasi

Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu memengaruhi keberhasilan suatu usaha. Pasalnya, tingkat pendapatan ini akan berpengaruh pada daya beli konsumen.

Jika produk yang akan dijual harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya beli masyarakatnya tinggi seperti di mall, pusat kota atau perumahan elite. Namun, jika produk yang akan dijual harganya murah maka bisa memilih lokasi di pinggiran kota.

Terlepas dari poin-poin di atas, insting seorang pebisnis juga akan berkontribusi dalam pemilihan lokasi usaha yang tepat. Hal ini akan terasah seiring dengan banyaknya pengalaman yang pernah dihadapi.

Editor : Ranto Rajagukguk