Jokowi Akan Bertemu Trump Bahas Ibu Kota Baru Indonesia

Muhammad Aulia ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 20:46 WIB
Jokowi Akan Bertemu Trump Bahas Ibu Kota Baru Indonesia

Presiden RI, Joko Widodo (kiri) dan Presiden AS, Donald Trump (kanan) dalam pertemuan G-20 di Jerman pada 2017 silam. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Presiden RI Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Salah satu isu yang dibahas yaitu soal ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyebut, agenda pertemuan Jokowi dan Trump akan dilakukan di sela-sela ASEAN-US Summit 2020 di Las Vegas, AS.

"Mereka tertarik sekali dengan ibu kota baru. Ini jadi topik pembicaraan Jokowi dengan Trump," ujar Luhut di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Luhut mengatakan Penasihat Presiden AS Jared Kushner turut mendukung wacana pertemuan antara kedua pemimpin negara tersebut. Dia mengungkapkan, Kushner mendorong Presiden Trump untuk berjumpa dengan Jokowi untuk membahas isu tersebut.

"Mereka memuji kepemimpinan Presiden Jokowi. Jared juga minta ada pembicaraan lebih detail mengenai ibu kota baru dengan Trump," katanya.

Pemerintah AS, kata Luhut, menilai konsep pembangunan ibu kota baru yang berwawasan lingkungan dan pintar sangat visioner. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu rencana penerapan sistem transportasi berbasis listrik.

"Dia (Kushner) bilang sangat visioner. Mereka melihat dengan ada EV (electric vehicle) dan autonomous menurut mereka sangat visioner," ucap purnawirawan jenderal militer itu.

Editor : Rahmat Fiansyah