Jokowi Perintahkan Perpres Kendaraan Listrik Segera Diselesaikan

Rahmat Fiansyah ยท Senin, 14 Januari 2019 - 20:53 WIB
Jokowi Perintahkan Perpres Kendaraan Listrik Segera Diselesaikan

Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para menterinya untuk segera menuntaskan aturan kendaraan listrik. Pasalnya, banyak keuntungan yang diperoleh dari perubahan industri otomotif berbasis bensin menjadi listrik.

Presiden mengatakan, banyak negara di dunia yang berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik. Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

"Melalui kendaraan listrik kita dapat mengurangi ketergantungan pada impor BBM yang berpotensi menghemat kurang lebih Rp798 triliun,” kata dia saat rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/1/2019).

BACA JUGA:

Pabrik Baterai Mobil Listrik di Morowali Mulai Dibangun

Pemerintah Petakan Potensi Industri Mobil Listrik Nasional

Untuk itu, Presiden meminta agar payung hukum program kendaraan listrik bisa segera diselesaikan. Hal ini supaya Indonesia bisa beralih lebih cepat menjadi salah satu pemain utama kendaraan listrik. Selain itu, dia juga meminta agar aturan dibuat secara terpadu dan terintegrasi antar kementerian/lembaga.

"Tentu saja jangan lupa melibatkan swasta baik dari sisi risetnya, inovasinya, anggarannya sampai dengan penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan,” ujar Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta supaya program ini menjadi momentum bagi persiapan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk menguasai teknologi terkini. Selain itu, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) harus diutamakan dalam program ini. 


Editor : Rahmat Fiansyah