Kadin: UU Cipta Kerja Harus Disosialisasikan ke Pekerja

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:46 WIB
Kadin: UU Cipta Kerja Harus Disosialisasikan ke Pekerja

Sosialisasi UU Cipta Kerja diperlukan guna menjelaskan isi dan subtansi kepada para pekerja atau buruh yang saat ini memberikan sikap penolakan. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan isi dan substansi Omnibus Law UU Cipta Kerja harus disosialisasikan dengan masif dan tepat sasaran. Sosialisasi UU Cipta Kerja diperlukan guna menjelaskan isi dan subtansi kepada para pekerja atau buruh yang saat ini memberikan sikap penolakan.

Rosan mengungkapkan pengesahan Omnibus Law yang dikebut pemerintah dan DPR meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung memiliki alasan tersendiri. 

"Banyak yang bilang, kita kan sedang Covid-19, kenapa harus memikirkan Omnibus Law, kenapa enggak menyelesaikan Covid-19 dulu. Tapi kita harus lihat. Pembahasan UU ini 1-2 bulan, dan baru selesai sekarang," kata Rosan dalam webinar Indikator Politik Indonesia, Minggu (18/10/2020).

Dia menilai, hampir seluruh negara telah reformasi struktural. Dia mencontohkan Malaysia, yang sudah melakukan reformasi struktural sejak 2010 dan Thailand sejak 2015.

Jika Indonesia menunda reformasi ini, maka perkembangan investasi dan penciptaan lapangan kerja Indonesia akan tetap seperti ini. Rosan bilang, saat ini negara-negara besar yang membangun pabriknya di China akan melakukan relokasi.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua