Kasus Positif Covid-19 di AS Terus Bertambah, Harga Minyak Merosot

Ranto Rajagukguk ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 08:40 WIB
Kasus Positif Covid-19 di AS Terus Bertambah, Harga Minyak Merosot

Harga minyak turun. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak turun pada Selasa (30/6/2020) waktu setempat karena naiknya kasus positif Covid-19 yang terus memicu kekhawatiran akan melemahnya permintaan energi.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Agustus turun 43 sen menjadi 39,27 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Agustus turun 56 sen menjadi 41,15 dolar per barel di London ICE Futures Exchange. 

Kontrak Agustus berakhir pada akhir sesi. Kontrak September yang lebih aktif untuk Brent turun 58 sen menjadi 41,27 dolar per barel. Para ahli memperingatkan keseimbangan rapuh di pasar minyak, dengan faktor-faktor positif dan negatif muncul untuk membatalkan satu sama lain.

"Data ekonomi AS untuk Mei secara umum ternyata lebih baik dari yang diperkirakan, namun kekhawatiran tentang gelombang kedua infeksi coronavirus dan kemungkinan penguncian baru membebani sentimen," kata Eugen Weinberg, analis energi di Commerzbank Research, dalam sebuah catatan pada Selasa.

Untuk kuartal ini, minyak mentah berjangka AS naik hampir 92 persen dan Brent naik sekitar 81 persen, menurut Dow Jones Market Data. Meskipun reli besar di kuartal kedua, target turun lebih dari 30 persen tahun ini. 

Editor : Ranto Rajagukguk