Kejar Target NZE, Pertamina dan JBIC Komitmen Kembangkan Energi Bersih

Anindita Trinoviana ยท Kamis, 17 November 2022 - 15:01:00 WIB
Kejar Target NZE, Pertamina dan JBIC Komitmen Kembangkan Energi Bersih
PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan perbankan global Jepang, JIBC untuk pengembangan energi bersih di Indonesia dalam rangka NZE 2060. (Foto: dok PT Pertamina (Persero))

BALI, iNews.id - Dalam rangka mengejar target Net Zero Emission (NZE) yang ditetapkan Pemerintah Indonesia pada 2060, pemerintah mendorong perusahaan untuk meningkatkan nilai, guna menarik investasi dan pembiayaan melalui skema green financing untuk mendukung program pertumbuhan ekonomi hijau di Indonesia.

Oleh karena itu, dalam momentum Government 20 (G20), di mana Indonesia memegang presidensi, PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan perbankan global Jepang, Japan Bank for International Cooperation (JBIC) untuk pengembangan energi bersih di Indonesia.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pertamina (Persero) dengan JBIC. Penandatanganan dilakukan oleh Emma Sri Martini selaku Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) dan Noriyasu Matsuda, Resident Executive Officer, Regional Head for Asia and Pacific JBIC. Penandatanganan ini dilakukan saat menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 di Bali, (13/11/2022).

Kerja sama ini merupakan langkah nyata dalam kemitraan global dengan negara maju, seperti Jepang untuk mendukung negara berkembang termasuk Indonesia guna mempercepat transisi energi atau implementasi energi terbarukan.

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini, mengatakan sebagai perusahaan energi milik negara di Indonesia, Pertamina telah melakukan berbagai upaya dekarbonisasi di sektor migas dan di saat bersamaan mengembangkan energi terbarukan. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan NZE yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia pada 2060.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda