Kekayaan Turun Rp56 Triliun, Li Ka Shing Tetap Orang Terkaya Hong Kong

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 20:45 WIB
Kekayaan Turun Rp56 Triliun, Li Ka Shing Tetap Orang Terkaya Hong Kong

Miliarder Li Ka Shing tetap dinobatkan sebagai orang terkaya Hong Kong pada tahun ini. Padahal, kekayaannya turun 4 miliar dolar AS atau setara Rp56 triliun. (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Miliarder Li Ka Shing tetap dinobatkan sebagai orang terkaya Hong Kong pada tahun ini. Padahal, kekayaannya turun 4 miliar dolar AS atau setara Rp56 triliun.

Dilansir Forbes, Kamis (14/2/2019), capaian itu membuat menempati puncak sejak daftar orang terkaya dirilis pertama lai pada 2008. Li yang dikenal sebagai pengusaha yang disegani di Asia belum lama ini mundur sebagai Chairman CK Hutchison dan CK Asset Holdings.

Putra tertuanya, Victor mengendalikan kerajaan bisnis sang ayah yang telah dibangun sejak 70 tahun lalu. Meski begitu, Li masih memegang jabatan sebagai penasihat senior perusahaan.

Li lahir di desa Chaozhou, Provinsi Guangdong, China. Perang antara China dan Jepang membuat Li dan keluarganya harus bermigrasi ke Hong Kong pada 1940.

"Saat saya masih SD, orang-orang Jepang menjatuhkan bom di Chaozou," kata Li.

Memulai bisnis mainan pada 1950, Li kemudian fokus membuat bunga plastik. Usahanya diberi nama Cheung Kong. Kini, bisnis Li menjelma menjadi perusahaan raksasa yang merambah sektor pelabuhan, properti, hingga ketenagalistrikan. Usahanya ada di 50 negara dan mempekerjakan sekitar 323 ribu pegawai.

Turunnya kekayaan Li pada tahun ini membuat gap dengan Lee Shau Kee menipis. Lee berada di posisi kedua dengan nilai kekayaan 30 miliar dolar AS. Kekayaannya terpaut 2 miliar dolar AS dari Li.

Sama seperti Li, Lee tumbuh dari keluarga miskin yang hanya mampu makan ikan atau daging dua kali dalam sebulan. Kini, Lee memiliki salah satu perusahaan properti terbesar di Hong Kong, Sun Hung Kai.

Berikut 10 daftar orang terkaya di Hong Kong versi Majalah Forbes pada 2019:

1. Li Ka Shing (CK Hutchison Holdings)
2. Lee Shau Kee (Sun Hung Kai)
3. Lee Man Tat (LKK Group)
4. Joseph Lau (China Estate Holdings)
5. Kwok Siu Hing (Sun Hung Kai)
6. Lui Che Woo (K. Wah International Hodlings)
7. Peter Woo (Wheelock & Co dan Wharf Holdings)
8. Joseph Tsai (Alibaba Group)
9. Michael Kadoorie (CLP Holdings)
10. Francis Choi (Early Light International)

Editor : Rahmat Fiansyah