Kembangkan Mobil Otonom, SoftBank dan Toyota Suntik Uber Rp14 Triliun

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 19:05 WIB
Kembangkan Mobil Otonom, SoftBank dan Toyota Suntik Uber Rp14 Triliun

Mobil otonom Uber. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - SoftBank dan Toyota dikabarkan tengah membicarakan rencana menyuntik Uber sedikitnya 1 miliar dolar AS, setara Rp14 triliun. Dana dari kedua perusahaan Jepang tersebut akan digunakan untuk mengembangkan mobil otonom.

Dikutip dari Reuters, Kamis (14/3/2019), Uber mempunyai unit bisnis khusus yang mengembangkan mobil otonom. Valuasi unit bisnis itu saat ini sekitar 5 miliar dolar AS.

Dana tersebut untuk membiayai program mobil otonom Uber yang selama ini telah menghabiskan ratusan juta dolar AS tanpa menghasilkan pendapatan. Selain itu, dana itu juga menjadi amunisi bagi rencana Uber yang siap melantai di Bursa New York dengan target valuasi sebesar 100 miliar dolar AS.

Uber dan SoftBank menolak untuk mengomentari kabar tersebut. Kendati demikian, juru bicara Toyota mengatakan, perusahaan raksasa otomotif itu terus mengkaji dan mempertimbangkan berbagai opsi untuk berinvestasi.

Pada 2018, Toyota menanamkan modal 500 juta dolar AS kepada Uber untuk pengembangan mobil otonom. Toyota dan Uber berambisi untuk mengejar rivalnya, Alphabet yang juga memiliki proyek serupa bernama Waymo.

Uber menderita kerugian 3,3 miliar dolar AS pada tahun lalu. Program mobil otonom ini akan menjadi jalan keluar bagi Uber untuk mendapat keuntungan karena tidak lagi harus membayar pengemudi.

Namun, program tersebut sejauh ini kurang berjalan mulus setelah mobil otonom Uber menabrak pejalan kaki hingga tewas di Arizona. Meskipun begitu, Uber bisa bernafas lega karena pengadilan AS tidak menjatuhi hukuman apapun.


Editor : Rahmat Fiansyah