Kemnaker Lakukan Ini untuk Cegah PHK di Masa PPKM Darurat

Michelle Natalia ยท Kamis, 15 Juli 2021 - 20:55:00 WIB
Kemnaker Lakukan Ini untuk Cegah PHK di Masa PPKM Darurat
Kemnaker lakukan upaya supaya tak terjadi PHK (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berusaha melakukan berbagai upaya supaya tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) imbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Kami menyadari PPKM Darurat ini berat bagi kelangsungan usaha, tapi kami tidak bosan meminta perusahaan agar sebisa mungkin menghindari melakukan PHK," kata Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Putri Anggoro di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Dia menuturkan, PPKM Darurat memberikan efek bagi kelangsungan usaha karena perusahaan atau pabrik tidak beroperasi secara maksimal, sehingga akan berpengaruh pada keuangan perusahaan. Karena itu, Kementerian ketenagakerjaan terus berkoordinasi dengan Dinas Ketenagerjaan di seluruh Indonesia terkait PHK karyawan.

"Hingga hari ini belum mendapatkan data resmi dan valid dari Dinas Ketenagakerjaan di daerah, terutama yang wilayahnya menerapkan PPKM Darurat, terkait adanya PHK," ujar dia.

Meski demikian, Putri menuturkan, Kemnaker telah dan akan terus melakukan upaya pembinaan dan pendampingan dalam mencegah PHK di masa PPKM Darurat. Misalnya, melakukan Rapat Koordinasi Nasional dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja seluruh wilayah Jawa dan Bali, serta dengan Mediator Hubungan Industrial dan Pengawas Ketenagakerjaan agar melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para pengusaha dan pekerja yang saat ini sedang terkena dampak PPKM darurat.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: