Kepala BKPM: Tahun Depan UMKM Masuk Daftar Investor Nasional

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 01 Desember 2020 - 22:49:00 WIB
Kepala BKPM: Tahun Depan UMKM Masuk Daftar Investor Nasional
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, pada 2021 UMKM dengan nilai pendapatan di bawah Rp500 juta akan masuk atau terdaftar sebagai investor nasional. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memberikan tempat terbaik bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mendorong bisnis mereka. Ini karena bisnis UMKM berperan besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. 

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pada 2021 UMKM dengan nilai pendapatan di bawah Rp500 juta akan masuk atau terdaftar sebagai investor nasional. Daftar UMKM akan dituangkan dalam dokumen BKPM. 

Bahlil menyebut, selama ini daftar investor yang di BKPM hanya berlaku bagi Penanaman Modal Asing (PMN) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan nilai di atas Rp500 juta, maka atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada tahun depan pelaku UMKM akan mengisi daftar investor di Indonesia. 

"Jadi ini penting mulai2021 ke depan UMKM akan dimasukan sebagai sektor investasi yang akan dicatat dalam tugas BKPM. Kemarin kita cuman PMA sama PMDN, tapi pada skala Rp500 juta ke atas. Sekarang pada 2021, Rp500 juta ke bawah pun kita hitung," ujar Bahlil, Jakarta, Selasa (1/12/2020). 

Penempatan pelaku UMKM sebagai investor dalam negeri didasarkan atas satu kesadaran kolektif atau bersama. Bahlil menegaskan, seorang investor tidak dilihat dari tempat di mana dia tinggal, meski mayoritas pelaku UMKM adalah warga yang berada di daerah, namun mereka adalah pahlawan ekonomi Indonesia. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2