Ketum Hipmi Ingin Ada Orang Asli Papua yang Jadi Pengusaha Besar

Antara ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 21:07 WIB
Ketum Hipmi Ingin Ada Orang Asli Papua yang Jadi Pengusaha Besar

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia. (Foto: Okezone)

MANOKWARI, iNews.id - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mendorong lahirnya pengusaha dari Tanah Papua. Diharapkan, banyak orang asli Papua yang terjun ke dunia usaha.

Ketua Umum Hipmi, Bahlil Lahadalia berharap ada orang asli Papua yang menjadi pengusaha besar di level nasional.

"Ini bukan sekadar mimpi, kalau mau serius apa sih yang tidak bisa?," kata Bahlil saat menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) Himpi Papua Barat di Manokwari, Kamis (18/7/2019).

Menurut Bahlil, pengusaha asli Papua harus berani keluar ke Papua, sehingga tidak hanya berkutat di kandang sendiri. Selama ini, kata Bahlil, banyak pengusaha asli Papua yang hanya fokus menggarap bisnis konstruksi. Bisnis ini sangat bergantung pada APBD yang berasal dari dana otsus.

"Boleh memulai usaha sebagai kontaktor, itu harus dimanfaatkan untuk mencari modal. Setelah modal terkumpul, segera lakukan diversifikasi, buka jaringan di luar negeri sana lalu manfaatkan peluang ekspor," ucap dia.

Pria asal Fakfak itu menilai, peluang bisnis di ASEAN sangat terbuka lebar. Dia pun yakin para pengusaha asli Papua bisa bersaing. Namun, dia menyarankan agar mereka fokus berbisnis.

"Ada kecenderungan teman-teman ini berwirausaha sekaligus berpolitik. Saran saya sebaiknya fokus, kalau mau (bisnis) cepat berkembang," tutur dia.


Editor : Rahmat Fiansyah