KKP Ajak Milenial Geluti Usaha Perikanan

Antara ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 13:09 WIB
KKP Ajak Milenial Geluti Usaha Perikanan

ilustrasi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak generasi muda atau milenial untuk menggeluti usaha perikanan. Pasalnya, potensi sektor perikanan di Indonesia sangat besar.

"Kami ingin membawa dunia perikanan menjadi dunia yang diminati anak muda," uja Kepala Badan Riset dan SDM KKP, Sjarief Widjaja di Gedung Mina Bahari III, KKP, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Sjarief, selama ini ada stereotipe bahwa orang sukses adalah orang yang berdasi, menggunakan mobil mewah, dan bekerja di ruangan ber-AC. Padahal, kekayaan alam Indonesia berada di luar ruangan dan perlu dikelola.

Milenial, kata dia, akan menjadi aktor utama yang mengelola kekayaan Indonesia, termasuk lautan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa laut adalah masa depan bangsa Indonesia.

"Pak Presiden Jokowi pernah bilang bahwa kita telah lama memunggungi laut, padahal lautan merupakan masa depan bangsa," ucap Syarief.

Salah satu upaya mendukung hal itu, KKP menggelar acara lomba dan lokakarya kewirausahaan di sektor kelautan dan perikanan. Acara ini diikuti sekitar 100 siswa dan mahasiswa dengan 56 guru dan dosen dari 14 perguruan tinggi dan 14 SMA.


Editor : Rahmat Fiansyah