Lantik 4 Pejabat Baru, Menkeu: Saya Tidak Ingin Dikecewakan

Rina Anggraeni · Selasa, 28 September 2021 - 20:30:00 WIB
 Lantik 4 Pejabat Baru, Menkeu: Saya Tidak Ingin Dikecewakan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (kanan), saat melantik empat pejabat baru di lingkungan Kementerian Keuangan, Selasa (28/9/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawato, melantik empat pejabat baru di jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ke-4 pejabat tersebut adalah Direktur Pinjaman dan Hibah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kepala Pusat Sistem Informasi dan Teknologi, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Papua, serta Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Papua, Papua Barat, dan Maluku. 

Dalam sambutannya, Menkeu menyampaikan, pelantikan pejabat merupakan bagian dari manajemen kepegawaian yang berpedoman pada sistem merit sebagai bentuk implementasi manajemen talenta dalam proses promosi, rotasi, mutasi dan pengukuhan jabatan di Kemenkeu. 

Menurut dia, pejabat yang dilantik telah melewati berbagai proses seleksi berdasarkan kualifikasi, kompetensi, kinerja, rekam jejak dan integritas. Seremoni pelantikan dapat dimaknai sebagai pembaruan janji untuk terus mengabdi dan memberikan yang terbaik demi kemajuan bangsa dan negara kepada Sang Maha Pencipta, Republik, dan organisasi Kemenkeu.

Sri Mulyani mengatakan, kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini agar terus mengasah cara berpikir kritis, analitis, dan antisipatif dalam pengambilan kebijakan yang dapat mendukung transformasi ekonomi ke arah sistem yang lebih ramah lingkungan serta mendorong aksi mitigasi perubahan iklim, dan terus bekerja secara agile, antusias, adaptif.

"Ini memiliki sense of mission yang sama untuk menghadapi tantangan terutama di tahun 2022 dimana menjadi tahun krusial karena Indonesia akan memegang Presidensi G20," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (28/9/2021).

Kepada Direktur Pinjaman dan Hibah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yang baru saja dilantik, Menkeu menyampaikan agar menjaga keberlanjutan fiskal dalam jangka menengah hingga panjang serta merumuskan strategi yang tepat sehingga mendapatkan pembiayaan yang bertanggungjawab, berhati-hati, dan berhasil guna, termasuk mengomunikasikan kepada publik bahwa utang adalah instrumen, bukan tujuan.

Selanjutnya, kepada Kepala Pusat Sistem Informasi dan Teknologi, Sri Mulyani berharap dapat membangun tata kelola, berkolaborasi dengan Unit Eselon I dan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk mengolah data yang tersebar di berbagai unit Kemenkeu dan menjadi backbone bagi seluruh Unit Eselon I.

Kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Papua serta Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Papua, Papua Barat, dan Maluku yang baru dilantik, Menkeu berharap dapat memberikan dukungan kinerja terbaik. 

Hal itu, lanjutnya, terutama untuk kesuksesan PON dan Papernas Papua yang akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Papua dan sekaligus menjadi perhelatan yang membawa pesan kemajuan dan kesejahteraan serta mendukung pembangunan ekonomi bagi daerah Otonomi Khusus Papua.

Sebagai penutup, Menkeu menyampaikan, agar keempat pejabat terus membawa Kemenkeu menjadi institusi ideal yang diinginkan, yaitu institusi yang mampu mengelola keuangan negara dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi dan mampu untuk selalu mengantisipasi berbagai resiko karena adanya perubahan baik dalam perekonomian kita maupun dari sisi global.

"Saya tidak ingin dikecewakan," tutur Sri Mulyani.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: