Lifting Migas Terus Turun, Menko Luhut Minta Sumur-Sumur Kecil Dimanfaatkan

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 06:31 WIB
Lifting Migas Terus Turun, Menko Luhut Minta Sumur-Sumur Kecil Dimanfaatkan

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Tren menurunnya lifting minyak dan gas (migas) menjadi perhatian pemerintah. Kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas diminta untuk memanfaatkan sumur-sumur kecil. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menilai, sumur-sumur kecil merupakan potensi cadangan minyak yang bisa dimanfaatkan lewat skema Enhanced Oil Recovery (EOR). 

"Jadi kami idenrifikasi sumur-sumur yang kecil EOR-nya bisa 5, 10, 20 ribu barel oil per day. Masih ada 1,6 miliar barel minyak yang bisa dilakukan EOR," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Dia menyebut, pemanfaatan sumur-sumur kecil penting di tengah penurunan lifting migas. Angka produksi migas yang mencapai 1 juta barel per hari kini tinggal berkisar 745.000 barel per hari. 

Mantan dubes RI untuk Singapura itu yakin, produksi migas bisa membaik asal KKKS berkomitmen mengoptimalkan sumur-sumur yang ada. Dia mengaku telah membicarakan masalah ini dengan mengundang KKKS seperti Pertamina, Chevron, Exxon Mobil, ConocoPhillips, dan lain-lain. 

"Sudah tadi (dikoordinasikan) sama Dirut Pertamina supaya serius melihat ini dan Ibu Nicke berkomitmen untuk melakukan itu," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah