Listing Perdana, Saham Singaraja Putra Naik 69,4 Persen

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 08 November 2019 - 11:30 WIB
Listing Perdana, Saham Singaraja Putra Naik 69,4 Persen

PT Singaraja Putra Tbk (SINI) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 175 juta saham. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - PT Singaraja Putra Tbk (SINI) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 175 juta saham. Dengan demikian, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia penginapan ini resmi menjadi emiten ke-43 di BEI sepanjang 2019.

Direktur Utama Singaraja Putra Erick Tonny Tjandra mengatakan, perkembangan bisnis penginapan khususnya yang berbasis harga ekonomis atau disebut penginapan no-bintang semakin diminati masyarakat khususnya para business traveler. Saat ini, pihaknya mengelola 20 kamar dan telah mengantongi kerja sama dengan para pemilik properti sehingga unit kamar menjadi 186 untuk dikelola oleh pihaknya.

"Kami sadari perjalanan masih panjang dalam wujudkan visi kami ke depan. Tapi kami yakin seluruh elemen di bawah BEI dan OJK akan mendorong peningkatan perusahaan kami," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Dana hasil penawaran perdana ini 100 persen untuk modal kerja yang meliputi renovasi dan pengadaan furniture, peralatan elektronik dan design interior untuk tambahan kamar hasil kerja sama dalam pengelolaan penginapan. Sementara sisanya untuk modal kerja dalam rangka pendirian perusahaan anak yang baru.

Hasil initial public offering (IPO) SINI mengalami kelebihan permintaan sebanyak 3,03 kali dari total yang ditawarkan, di mana jumlah pesanan saham mencapai 531 juta saham dari jumlah yang ditawarkan sebanyak 175 juta saham dengan harga penawaran Rp108 per saham.

Para investor mendapat satu waran secara gratis untuk setiap pembelian dua saham yang diperoleh melalui IPO. Setiap waran dapat dilaksanakan menjadi saham dengan harga pelaksanaan sebesar Rp115, per saham. Adapun penjamin pelaksana dari IPO ini adalah PT Panca Global Sekuritas.  

Pada pembukaan perdagangan, saham SINI naik 75 poin ke level Rp183 dari harga IPO, atau mengalami kenaikan 69,44 persen. Saham SINI ditransaksikan sebanyak 22 kali dengan volume sebanyak 210 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp3,84 juta.

Singaraja Putra ini berdomisili di Cikarang, Bekasi, kawasan ini sedang ramai dengan geliat proyek infrastruktur pemerintah. Kondisi ini akan menimbulkan kebutuhan akan layanan akomodasi yang murah, mudah, dan nyaman.

"Itulah segmen pasar yang kami sasar," kata dia.

Langkah ke depannya untuk mencapai pertumbuhan yang baik, perusahaan akan berupaya untuk selalu meningkatkan nilai perusahaan, di mana strategi yang digunakan adalah kerja sama baik dengan Online Travel Agent (OTA).

Kemudian, pihaknya juga aman mendirikan perusahaan anak yang akan mensupport pemasaran perusahaan dengan mengembangkan platform digital untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran jasa pemesanan. Diharapkan pula peranan perusahaan anak yang baru ini akan memberi kontribusi nyata melalui peningkatan jumlah kelolaan kamar. 


Editor : Ranto Rajagukguk