Luhut: Perusahaan Korsel Siap Tingkatkan Investasi Green Energy di Indonesia

Rina Anggraeni · Jumat, 28 Mei 2021 - 08:49:00 WIB
 Luhut: Perusahaan Korsel Siap Tingkatkan Investasi Green Energy di Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan perusahaan Korea Selatan (Korsel) siap meningkatkan investasi green energy (energi hijau) di Indonesia. 

Kesiapan itu disampaikan sejumlah perusahaan Korsel yang ditemui Luhut dalam kunjungan kerja pada 24-25 Mei 2021. Kunjungan tersebut bertujuan memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara di berbagai bidang, khususnya peningkatan investasi energi hijau dan industri farmasi. 

Menurut Luhut, selama dua hari kunjungan, dia bertemu dengan manajemen beberapa perusahaan Korsel, seperti Hyundai, LG Energy Solution, dan SK, yang juga berkomitmen terhadap eco-friendly dan penurunan emisi karbon seperti Indonesia. 

"Saya senang sekali bahwa perusahaan Korsel juga akan berinvestasi untuk bidang yang ramah lingkungan dan membantu Indonesia mencapai target penurunan emisi karbon,” kata Luhut, di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Dia mengungkapkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya juga fokus untuk memastikan tentang transfer teknologi dalam setiap investasi yang akan masuk ke Indonesia. Ini menjadi satu dari lima kriteria yang harus dipenuhi investor asing jika ingin berinvestasi di Indonesia. 

"Kriteria lainnya adalah membawa teknologi yang ramah lingkungan, menggunakan tenaga kerja lokal Indonesia, menciptakan nilai tambah, dan kerja sama business to business (B2B)," ujar Luhut.

Menko Kemaritiman dan Investasi menjelaskan kunjungan kerja kali ini membawa misi meningkatkan komitmen Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi karbon. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2