Luhut Sebut Bangka Belitung Daerah Kaya, Ini Sebabnya

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 08:30 WIB
Luhut Sebut Bangka Belitung Daerah Kaya, Ini Sebabnya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Provinsi Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil timah dunia. Logam itu kini menjadi incaran dunia karena memiliki monasit yang banyak terkandung rare earth (logam mineral jarang).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan menyebut Babel sebagai penghasil timah, merupakan daerah yang kaya. Dia meminta agar potensi ini dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan rakyat di Babel.

"Timah yang di Bangka, baru kemarin saya bicara di parlemen, itu mengandung rare earth. Rare earth itu sekarang bisa diekstrak dari timah. Nah rare earth ini sekarang jadi incaran dunia. Jadi saya kira, Pak Gubernur, daerah anda itu kaya. Sekarang bagaimana memanfaatkan in," kata Luhut, Selasa (23/6/2020).

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong hilirisasi timah. Langkah ini penting agar memberikan nilai tambah (added value).

"Ini sangat berhubungan sekali dengan kekuatan dari Jakarta, terutama soal kebijakan timah tidak lagi diekspor berupa balok tapi sudah harus dihilirisasi, dibuat berupa solder, berupa bubuk dan sebagainya. Insyaallah tahun ini hilirisasi sudah dapat kita jalankan," kata Erzaldi.

Dia mengatakan, hilirisasi timah ini justru dilakukan oleh perusahaan patungan (joint venture) dari China dan Indonesia. Sementara, BUMN PT Timah Tbk malah belum melakukannya.

"Ini kerja sama perusahaan dari China dengan perusahaan lokal yang kita minta kerja sama sehingga ada produk hilirisasi timah yang akan diproduksi Bangka Belitung," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah