Maksimalkan APBN, Ekonom Sebut Indonesia Bisa Bangkit Cepat pada 2021

Aditya Pratama ยท Minggu, 16 Agustus 2020 - 18:09:00 WIB
Maksimalkan APBN, Ekonom Sebut Indonesia Bisa Bangkit Cepat pada 2021
Perekonomian Indonesia diperkirakan bisa pulih jika pandemi Covid-19 segera berakhir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Perekonomian Indonesia diperkirakan bisa pulih jika pandemi Covid-19 segera berakhir. Dengan ketidakpastian kapan Covid-19 berakhir, pemerintah diminta memaksimalkan anggaran pendapatan negara (APBN) untuk memulihkan ekonomi pada 2021.

"Potensi bangkit dengan cepat Itu bisa diwujudkan apabila APBN bisa dimanfaatkan sebagai stimulus ekonomi secara efektif. Berbagai bantuan sosial dan program stimulus Masih sangat dibutuhkan," ujar Ekonom Piter Abdullah saat dihubungi, Minggu (16/8/2020).

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia ini menambahkan, defisit APBN dan utang pemerintah hendaknya jangan menjadi batasan dan prioritas bagaimana Indonesia pulih dengan cepat.

"Utang adalah konsekuensi dari defisit anggaran, ketika kita menganggarkan belanja yang lebih besar daripada penerimaan pemerintah, misalnya untuk pembangunan infrastruktur atau juga untuk menanggulangi wabah seperti pandemi saat ini, maka defisit akan melebar dan utang semakin meningkat,” ucapnya. 

Piter menyebut, utang akan terus meningkat selama pemerintah masih memberikan stimulus pelonggaran pajak sebagai bagian dari bantuan kepada dunia usaha selama wabah.

"Dan di sisi lain pemerintah masih memberikan banyak bantuan sosial kepada masyarakat terdampak, memberikan bantuan penanggulangan wabahnya sendiri," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk