Mantan Menteri Perminyakan Saudi Wafat, Pernah Diculik dan Bikin Amerika Kewalahan

Djairan ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 22:45:00 WIB
Mantan Menteri Perminyakan Saudi Wafat, Pernah Diculik dan Bikin Amerika Kewalahan
Mantan Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ahmed Zaki Yamani meninggal dunia. (Foto: Al Jazeera)

MEKKAH, iNews.id - Mantan Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ahmad Zaki Yamani meninggal dunia pada usia 90 tahun. Dia menjabat posisi tersebut cukup lama sejak 1962 hingga 1986.

Dikutip dari Al-Jazeera, Selasa (23/2/2021), Yamani yang menghembuskan nafas terakhir di London, Inggris itu akan dimakamkan di Tanah Suci Mekkah, kota kelahirannya.

Yamani menjadi Menteri Perminyakan di masa-masa Organisasi Eksportir Minyak Dunia (OPEC) berdiri pada 1960. Dia memainkan peran yang sangat strategis sejak organisasi kartel berdiri hingga membuat posisi Saudi dalam OPEC dominan hingga saat ini. 

Sebagai wakil Saudi di OPEC, Yamani membuat organisasi tersebut berkuasa dalam menentukan harga minyak mentah dunia. Hal tersebut terlihat saat Perang Yom Kippur pada Oktober 1973.

Saat itu, Mesir, Suriah, dan koalisi negara-negara Arab melancarkan serangan ke Israel sebagai bentuk balas dendam atas kekalahan dalam Perang Enam Hari pada 1967. Serangan itu tak diduga-duga karena warga Israel tengah merayakan Yom Kippur, salah satu Hari Raya kaum Yahudi.

Serangan tersebut membuat Presiden AS, Richard Nixon memberikan bantuan militer kepada Israel. OPEC yang dipimpin Saudi lewat Yamani langsung bereaksi dengan menggelar pertemuan di Wina. Kesepakatan muncul untuk memotong produksi minyak 5 persen setiap bulan.

Langkah OPEC itu membuat harga minyak dunia melesat. Kebijakan 'senjata minyak' itu membuat AS kewalahan. Negara Paman Sam dan beberapa negara sekutu menghadapi embargo minyak yang memicu krisis energi di dalam negeri.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2