Maskapai Flybe Milik Miliarder Richard Branson Terancam Kolaps

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 21:50 WIB
Maskapai Flybe Milik Miliarder Richard Branson Terancam Kolaps

Pesawat Bombardier Dash 8 Q400 milik Flybe. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Maskapai raksasa Eropa, Flybe terancam kolaps. Maskapai milik miliarder Richard Branson itu kewalahan menghadapi kerugian yang menggunung.

Dikutip dari Sky News, Selasa (14/1/2020), manajemen tengah mengupayakan penyelamatan perusahaan dengan mencari pendanaan baru. Firma Ernest & Young (EY) ditunjuk menangani administrasi penyelamatan Flybe.

Pada awal 2019 lalu, Flybe 'diselamatkan' oleh Bronson lewat Virgin Atlantic. Bersama Stobart Air dan Cyrus Capital, Virgin Atlantic membeli Flybe seharga 2,8 juta dolar AS. Saat itu, Flybe terancam ikut kolaps seiring bangkrutnya Thomas Cook.

Sumber Sky News yang dekat dengan Flybe mengatakan, manajemen telah memberi tahu situasi krisis tersebut kepada pemerintah Inggris, dalam hal ini Departemen Transportasi dan Departemen Bisnis, Energi, dan Strategi Industri.

Posisi Flybe di Inggris dinilai sangat strategis. Pasalnya, ada lebih dari 2.000 orang yang bekerja di maskapai tersebut. Jumlah itu belum menghitung pekerja di mitra perusahaan Flybe.

Saat ini, Flybe mengoperasikan sekitar 75 pesawat di lebih dari 80 bandara di Inggris dan Eropa. Pangsa pasar Flybe di Inggris mencapai lebih dari 50 persen di luar London.


Editor : Rahmat Fiansyah