Masuki Tahun Baru, Ini 5 Tips Agar Usaha Bisa Berkembang

Muhammad Aulia · Rabu, 01 Januari 2020 - 22:01 WIB
Masuki Tahun Baru, Ini 5 Tips Agar Usaha Bisa Berkembang

Ilustrasi bisnis. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - 2019 sudah selesai dan 2020 baru dimulai. Untuk memasuki awal tahun yang baik, konsultan bisnis Darryn Le Grange menuturkan lima tips bagi pengusaha agar bisnis yang dijalankannya dapat semakin baik ke depannya.

Biarkan masa lalumu membantu masa depanmu

Hidup sembari membayangkan masa lalu memang bukanlah hal baik. Namun, menjadikan masa lalu sebagai bahan refleksi dalam menjalankan usaha dapat membantu perusahaan yang Anda jalankan dalam meraih tujuan-tujuan baru, seperti keinginan untuk meningkatkan penjualan, perluasan pasar, hingga promosi merek yang lebih luas. Hal ini dapat Anda capai salah satunya adalah dengan belajar dari pengalaman di masa lalu untuk membuat keputusan di masa kini. Lakukanlah hal tersebut dan perkuatlah bisnismu

Kumpulkan strategi pemasaran usahamu sejak awal

Dalam merumuskan rencana ke depan, Anda harus mengidentifikasi apa-apa saja yang hendak dicapai dan bagaimana cara akan meraihnya. Identifikasilah strategi-strategi yang menurut Anda adalah opsi terbaik untuk memajukan usaha. Di lain sisi, Anda juga harus mendukung strategi yang Anda pilih dengan turut merumuskan tanggal waktu pelaksanaan dan indikator keberhasilan dari tiap strategi yang dilakukan sebagai refleksi untuk waktu mendatang.

Buatlah target 90 hari

Target bisnis per tahun dapat membuat Anda dan karyawan Anda menjadi bingung atau kewalahan. Dengan menfokuskan visi yang hendak dicapai dalam 90 hari, Anda dapat menurunkan visi tersebut ke dalam aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan dalam waktu dekat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan antisipasi awal dan terus beradaptasi terhadap dinamika pasar yang dinamis. Mulailah langkah tersebut dengan mencanangkan tiga tujuan utama yang akan menjadi fokus perusahaan dalam tiga bulan pertama di awal tahun, lalu libatkan tim internal perusahaan untuk mendiskusikan rencana-rencana spesifiknya.

Buatlah tujuan yang jelas

Memulai awal tahun tanpa tujuan yang jelas, arah yang spesifik, atau persiapan aksi sama saja seperti memulai perjalanan liburan tanpa tahu tempat yang hendak dituju dan bagaimana cara untuk sampai ke tempat liburan. Anda akan membuang bensin, uang, waktu, dan tenaga secara sia-sia. Sama halnya dengan bisnis Anda yang akan menderita jika tidak punya rencana yang jelas. Ingatlah, tujuan bisnis Anda harus jelas, dapat terukur, dan realistis.

Apa hal berbeda yang akan Anda lakukan pada tahun baru?

Ketika orang-orang mendengar mengenai resolusi tahun baru, mereka sering berpikiran tentang lebih sering berolahraga, menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga, atau lebih sering liburan. Selain keinginan personal tersebut, Anda juga dapat menyusun resolusi untuk bisnis Anda. Lagipula, resolusi adalah sebuah keputusan untuk melakukan suatu hal yang berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan hal-hal positif. Sekarang adalah waktu yang ideal untuk melakukan refleksi terhadap perkembangan bisnis Anda selama ini dan menyusun rencana mengenai cara membangun bisnis ke tahapan lebih lanjut pada tahun baru. Anda harus mengevaluasi satu per satu mengenai strategi bisnis mana yang sukses dan mana yang tidak, sehingga nantinya dapat melakukan penyesuaian di perusahaan.

Editor : Ranto Rajagukguk