Menko Airlangga Minta Swasta Bayarkan THR karena Sudah Diberikan Berbagai Insentif

Dita Angga · Rabu, 07 April 2021 - 19:00:00 WIB
Menko Airlangga Minta Swasta Bayarkan THR karena Sudah Diberikan Berbagai Insentif
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjadi keynote speaker seminar nasional yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS Solo, Selasa (30/3/2021). Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah meminta swasta membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja menjelang Lebaran. Langkah itu bisa mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, THR bisa menjadi pendorong utama konsumsi masyarakat menjelang Lebaran. Dia menilai, tak ada lagi alasan pelaku usaha untuk tidak membayarkan THR.

"Sudah waktunya pihak swasta untuk memberikan THR karena berbagai kegiatan sudah diberikan,” katanya di Kantor Presiden, Rabu (7/4/2021).

Menurut Airlangga, pemerintah telah memberikan berbagai insentif kepada pelaku usaha agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Yang terbaru pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil. “Kenaikan penjualan kendaraan di Maret sebesar 143 persen," katanya.

Dia pun kembali mencontohkan stimulus untuk sektor hotel, restoran, dan kafe diberikan. Insentif itu berupa penjaminan kredit modal kerja lewat Peraturan Menteri Keuangan 32/2021.

“Dimana diberikan grace period selama 3 tahun dan klaster usahanya dari Rp5 miliar sampai Rp1 triliun dengan pinjaman minimum Rp 5 miliar. Nah khusus kafe restoran bisa menggunakan skema KUR dimana KUR diusulkan untuk diperpanjang (suku bunga) 3 persen sampai tahun 2021. Tentu pemerintah menyiapkan subsidi bunga sebesar Rp8,15 triliun,” ujarnya.

Ketua Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu menyebut, perputaran uang selama Ramadan dari APBN bakal sangat besar. “Estimasi dari anggaran yang bisa masuk ke pasar adalah Rp215 triliun,” katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah