Menteri Agus: Program Vaksinasi Pekerja Industri Difokuskan di Wilayah Aglomerasi

azhfar muhammad ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 13:09:00 WIB
Menteri Agus: Program Vaksinasi Pekerja Industri Difokuskan di Wilayah Aglomerasi
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat kunjungan ke sentra program vaksinasi di kawasan industri Jababeka, Jumat (30/7/2021).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan program vaksinasi Covid-19 bagi pekerja industri difokuskan di wilayah aglomerasi, khususnya Jabodetabek. 

Pada Jumat (30/7/2021), Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) bekerja sama dengan Menteri Kesehatan (Kemenkes) menggelar sentra program vaksinasi Covid-19 dosis pertama gratis di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat .

“Sementara kita fokuskan wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, tapi bukan berarti diluar wilayah aglomerasi itu tidak kita layani. Karena secara faktanya di wilayah aglomerasi masih banyak kawasan industri yang belum tersentuh program vaksinasi,” kata Agus saat ditemui MNC News Portal, disela-sela kunjungannya ke sentra program vaksinasi di kawasan industri Jababeka, Jumat (30/7/2021).

Agus mengatakan, dengan memfokuskan program vaksinasi Covid-19 di wilayah aglomerasi, pihaknya berharap pekerja industri di wilayah Karawang, Banten, Cikarang, Bekasi, dan Tangerang, dapat sepenuhnya divaksinasi Covid-19.

“Kita pelan-pelan, kita meminta kepada seluruh perusahaan pabrik atau industri untuk bisa menggandeng pelaku industri dan memfasilitasi vaksin untuk beberapa pekerja, tak bisa kita pungkiri juga jumlah karyawan di Jawa-Bali sangatlah banyak,” ujar Agus.

Dia mengungkapkan, Kemenperin juga telah bekerja sama dengan Kadin untuk bekerja sama dalam mempercepat pengadaan ini agar supaya program ini bisa pararel di program vaksin gotong royong.

“Saya sudah koordinasi bersama kadin (pak Arsyad) dan kami setiap saat share data kemudian di lpangan data bisa di cross cek dan beberapa ksus kemudian bisa dicermati bisa saja satu perusahaan ini bisa men-switch untuk ganti program,” ungkap Agus.

Melalui program vaksinasi tersebut, Menperin berharap para pelaku industri bisa terjaga dan pelaku pabrik bisa produksi secara maksimal. 

Adapun tema yang diambil dalam program vaksinasi Covid-19 hasil kerja sama Kemenperin dan Kemenkes adalah Industri Tangguh, Indonesia maju sebagai salah satu pencapaian dari suksesnya vaksinasi. 

“Kami melayani sekitar 2 Ribu asseptor dengan menggunakan vaksin bermerek sinovac, kami bekerja sama dengan Yellow klinik yang sudah mrnberikan banyak pengalaman. Khususnya kuantitasnya lebih besar dan kita melihat program ini program flownya berjalan dengan baik,” papar Agus.

Selain itu, lanjutnya, program vaksinasi Covid-19 ini merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh warga negara di masa pandemi, demi terbentukinya kekebalan bersama (herd community).

“Pemerintah terus mengupayakan agar secepat-cepatnya agar negara dan pelaku industri bisa membentuk herd immunity. Supplay pun akan terus ditambah agar mereka (pelaku dan pekerja industri) bisa bekerja dengan nyaman,” tutur Agus.

Editor : Jeanny Aipassa