Menteri Jonan Dukung Energi Murah untuk Mobil Listrik

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 22 April 2019 - 21:48 WIB
Menteri Jonan Dukung Energi Murah untuk Mobil Listrik

Menteri ESDM, Ignasius Jonan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah berkomitmen mendukung mobil listrik karena ramah lingkungan. Salah satunya menyediakan energi listrik yang terjangkau.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan, Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) saat ini sekitar 1.600 unit. Meski mayoritas di Jakarta, dia mendorong PLN memasang SPLU menjadi 2.000 unit hingga akhir tahun ini.

BACA JUGA:

Berapa Tarif Taksi Listrik? Ini Kata Bos Blue Bird

Blue Bird Hadirkan Taksi Listrik, Jonan Malu Perpres Belum Jadi

Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah, kata Jonan, PLN akan memberikan diskon hingga 30 persen untuk pengisian baterai mobil listrik pukul 22:00-06:00.

"Lumayan kan? Mobil mahal, tapi biaya energinya murah. Rp1.467 per kwh. Kalau Rp1.000, biaya bahan bakar kira-kira ya setengah atau 40 persen dari premium," kata Jonan di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Dia mengatakan, pemerintah akan terus memberikan insentif bagi kendaraan yang sedikit menghasilkan polusi. Pasalnya, biaya produksi mobil listrik masih tinggi sehingga harga di tingkat konsumen masih mahal.

"Kami sangat mendukung supaya lebih rendah dan polusinya lebih kecil, karena mobil listrik saja sudah mahal jadi minta biaya listriknya lebih murah," tutur dia.

Mantan Direktur Utama PT KAI (Persero) itu mengapresiasi langkah Blue Bird Group yang mempromosikan mobil listrik sebagai armada taksinya. Namun, dia meminta agar mobil listrik yang digunakan harus berkualitas bagus untuk memberi kesan yang positif bagi masyarakat.

"Kami menyarankan, pengadaan mobilnya kelas satu saja karena kalau spec down awal-awal nanti malah pelanggan lari," ujar dia.


Editor : Rahmat Fiansyah