Merugi karena Covid-19, Mitsubishi Motors Potong Gaji Para Eksekutif

Djairan ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 11:47 WIB
Merugi karena Covid-19, Mitsubishi Motors Potong Gaji Para Eksekutif

Mitsubishi Motors Corp akan memotong gaji para eksekutif. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Mitsubishi Motors Corp akan memotong gaji para eksekutif perusahaan. Kebijakan itu seiring dengan kerugian finansial yang tengah dialami pembuat mobil ternama asal Jepang itu.

Chief Executive Mitsubishi Motors Takao Kato mengatakan, pengurangan gaji bagi para eksekutif senilai pemotongan 45 persen dari keseluruhan pembayaran mereka.

"Saya harap keputusan ini dapat dipahami, mau tidak mau kerugian finansial ini juga menjadi tanggung jawab para top eksekutif perusahaan," ujar Kato, dikutip dari The Asahi Shimbun, Jumat (19/6/2020).

Seperti perusahaan pembuat mobil lainnya, Mitsubishi Motors telah mengalami penurunan penjualan di tengah pandemi Covid-19. Tercatat jumlah kerugian perusahaan sebesar Rp3.42 triliun, untuk tahun fiskal hingga Maret 2020.

Mitsubishi adalah bagian dari aliansi antara produsen mobil besar Jepang, Nissan Motor Co dan Renault of France. Aliansi ini sebelumnya sempat mengalami gejolak seiring skandal Carlos Ghosn, seorang mantan CEO aliansi yang ditangkap pada 2018 atas tuduhan pelanggaran keuangan.

Saat dinyatakan bebas dengan jaminan, Ghosn meninggalkan Jepang ke Libanon. Dia menyatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Meskipun begitu, skandal tersebut telah mencoreng citra merek perusahaan dan menimbulkan pertanyaan tentang masa depan aliansi kedua produsen mobil ternama asal Negeri Sakura tersebut.

Editor : Ranto Rajagukguk