MNC Bank Rombak Jajaran Direksi dalam RUPSLB

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 13 Desember 2018 - 17:26 WIB
MNC Bank Rombak Jajaran Direksi dalam RUPSLB

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) telah mengubah pengurus perseroan. Hal ini disetujui oleh para pemegang saham melalui Rapat Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) telah mengubah pengurus perseroan. Hal ini disetujui oleh para pemegang saham melalui Rapat Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan hari ini.

Direktur MNC Bank Rita Montagna Siahaan mengatakan, dengan mempertimbangkan pencapaian positif pada kuartal III-2018 dan mengantisipasi persaingan industri dan dinamika ekonomi pada 2019, maka perseroan mengubah susunan pengurus. Perubahan pengurus diusulkan pada rapat sebagai wujud komitmen bank dalam memberikan hasil terbaik bagi seluruh stakeholders.

"Pergantian pengurus di direksi. Jadi Presiden Direktur yang sebelumnya Pak Ageng itu dibatalkan pengangkatannya. Jadi ada perubahan di susunan direksi," ujarnya setelah RUPSLB di iNews Tower, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Menurut dia, perubahan manajemen merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap organisasi. Apalagi MNC Bank mengubah susunan pengurus perseroan untuk menjaga momentum kinerja dan memaksimalkan potensi ke depan.

"Plt (Pelaksana Tugas) sesuai hasil tadi belum kita tentukan siapa. Jadi saat ini hasil RUPS ini direksinya ada tiga jadinya. Dan efektif duanya itu nunggu hasil dari fit and proper dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," ucapnya.

Perubahan ini juga termasuk dalam strategi transformasi MNC Bank untuk menjadi bank terbaik di kelasnya, terutama dalam meningkatkan rentabilitas dan memberikan nilai tambah pada nasabah serta seluruh pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, kinerja MNC Bank selama 2018 terus menunjukkan peningkatan. Bank berhasil meraup Laba bersih pada triwulan III 2018 sebesar Rp101,97 miliar. Angka ini meningkat 243 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebesar Rp(70,86) miliar.

Sementara dari struktur pendanaan MNC Bank fokus pada peningkatan dana murah (CASA), hingga pada Triwulan III 2018, MNC Bank berhasil menghimpun dana murah sebesar Rp1,75 triliun meningkat dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebesar Rp1,47 triliun di .

Sedangkan penyaluran kredit triwulan III-2018 menjadi Rp 7,52 triliun meningkat dibanding periode yang sama pada 2017 sebesar  Rp 7,11 triliun.

Adapun dari sisi rasio keuangan, keberhasilan bank dalam menjaga kualitas kredit tercermin dari terjaganya rasio non performing loan (NPL) Nett pada 3,83 persen pada Triwulan III 2018 tidak berubah dari periode yang sama pada 2017. Selain itu, MNC Bank berhasil melakukan efisiensi terhadap biaya operasional terlihat dari menurunnya rasio BOPO dari 112,19 persen  menjadi 85,60 persen.

Rentabilitas Bank terus meningkat yang dapat dilihat dari rasio NIM menjadi 3,84 persen dari 3,43 persen di periode yang sama pada 2017. Dengan disetujuinya usulan rapat, maka susunan pengurus MNC Bank setelah penutupan RUPSLB menjadi sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Presiden Komisaris (Independen): Ponky Nayarana Pudijanto

Komisaris Independen: Jeny Gono*

Komisaris: Peter Fajar*

DIREKSI

Direktur: Rita Montagna Siahaan

Direktur membawahi Fungsi Kepatuhan: Mahdan*

Direktur Independen: Hermawan*

*Efektif setelah lulus uji kepatutan dan kelayakan OJK

Dengan konsolidasi jajaran manajemen MNC Bank ini, MNC Bank optimistis momentum kinerja positif bank akan terus berlanjut. Keputusan juga merupakan bukti konkret dari dukungan pemilik saham agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana strategis bank.

Editor : Ranto Rajagukguk