Ombudsman: 397 Komisaris BUMN Terindikasi Rangkap Jabatan

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 17:22 WIB
Ombudsman: 397 Komisaris BUMN Terindikasi Rangkap Jabatan

Kementerian BUMN. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Ombudsman menemukan sebanyak 397 komisaris BUMN terindikasi rangkap jabatan. Lebih dari separuh jumlah komisaris tersebut memegang jabatan di kementerian.

"Kira-kira 397 di perusahaan (BUMN) dan 167 di anak perusahaan BUMN, komisaris yang terindikasi rangkap jabatan," kata Anggota Ombudsman, Alamsyah Saragih, Minggu (28/6/2020).

Dia merinci, rangkap jabatan komisaris BUMN dan pejabat kementerian seperti direktur jenderal atau deputi mencapai 254 orang. Yang terbanyak 55 orang di Kementerian BUMN ada 55 orang, Kementerian Keuangan 42 orang, dan Kementerian PUPR 17 orang.

"Total komisaris yang berasal dari kementrian sebanyak 58 persen dari 397 komisaris," ujarnya.

Selain kementerian, kata dia, rangkap jabatan komisaris BUMN juga terjadi di instansi nonkementerian. Yang terbanyak TNI 27 orang, Polri 13 orang, dan Kejaksaan Agung.

Di luar itu, ada juga rangkap jabatan di enam perguruan tinggi. Yang terbanyak ada di Universitas Indonesia 9 orang, UGM 5 orang, dan Unhas 2 orang.

Alamsyah mengatakan data tersebut dihimpun sejak 2019. Oleh karena itu, data tersebut perlu diverifikasi karena kemungkinan ada yang sudah nonaktif. "Itu nanti akan menjadi bagian dari konfirmasi kami atau verifikasi kami ke kementerian BUMN," tuturnya.

Menurut Alamsyah, selain data ini, masih banyak rangkap jabatan Komisaris BUMN yang terjadi di berbagai profesi. Dia menilai, rangkap jabatan rawan konflik kepentingan.

Editor : Rahmat Fiansyah