Pasarkan Produk di Medsos, Simak Tips dan Trik Ini

Muhammad Aulia ยท Minggu, 05 Januari 2020 - 20:01 WIB
Pasarkan Produk di Medsos, Simak Tips dan Trik Ini

Ilustrasi media sosial. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Percaya atau tidak, 80 persen dari total pengguna internet secara global memiliki satu akun media sosial (medsos). Apabila ditotal, pengguna medsos dapat melebihi angka 3,4 miliar orang pada 2019. Banyak pemilik usaha yang mengetahui betapa potensialnya platform media sosial untuk kesuksesan bisnis mereka. 

Oleh karenanya, banyak dari kalangan pemilik bisnis yang terus mencari cara untuk dapat dekat dengan konsumen demi menjaga pasar mereka.

Pemasaran di medsos sendiri bukanlah sebuah hal yang statis, melainkan selalu berubah mengikuti kemauan konsumen, kesediaan produk, dan tentunya anggaran pemasaran. Berhubung sudah memasuki tahun 2020, sudah saatnya memikirkan cara apa saja yang dapat ditempuh untuk meningkatkan strategi pemasaran di medsos.

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan penjualan hingga menambah subscribers, tulisan ini akan menjelaskan mengenai empat strategi pemasaran melalui media sosial yang perlu Anda ketahui dalam memasuki tahun 2020. 

Bekerja sama dengan micro-influencers

Hingga saat ini, kita sudah familiar dengan influencer medsos. Intinya, influencer medsos adalah orang dengan ratusan hingga ribuan followers yang tugasnya membuat konten, baik untuk sponsor ataupun untuk bersenang-senang. Hal ini nantinya membantu pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki oleh mereka.

Namun, dalam perkembangannya mulai muncul istilah micro-influencers sebagai salah satu skema alternatif untuk promosi di medsos. Hal ini karena influencer ternama belum sanggup mencapai audiens hingga ke akarnya. Sedangkan micro-influencers cenderung mempromosikan hal-hal yang khusus dan spesifik. 

Meskipun hanya memiliki audiens dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan influencer ternama, micro-influencer memiliki ikatan yang cukup kuat dengan followers-nya. Dengan begitu, ketika mereka mempromosikan sebuah produk, kemungkinan besar produk tersebut dipercaya dan dibeli oleh followers dari micro-influencer. Taktik ini pada akhirnya dapat meningkatkan kredibilitas sosial dari usaha yang Anda jalankan. 

Bangun sebuah komunitas

Orang-orang pada umumnya suka berkumpul dalam sebuah grup sembari membicarakan gagasan, saran, hingga pengalaman. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan pemasaran melalui medsos. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan membentuk sebuah komunitas online yang membahas hobi atau kegemaran yang sama. Nantinya, tim bisnis Anda harus cermat dalam mengarahkan calon-calon konsumen yang ada di komunitas online. Hal ini untuk mengarahkan mereka agar membeli dan mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.  Tentu ini bermanfaat guna memperkuat keterikatan Anda dengan pengguna medsos lainnya di dunia internet.

Tambahkan layanan customer service di medsos

Layanan customer service sangat penting untuk pemasaran di medsos. Alasan pertama adalah karena customer service dapat mempermudah calon konsumen untuk mengakses produk atau jasa yang usaha Anda tawarkan. Alasan kedua adalah Anda dapat mengetahui secara detail mengenai perilaku konsumsi dari calon konsumen saat mereka bertanya kepada Anda melalui layanan customer service. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menambahkan layanan customer service di medsos sehingga dapat menjaring calon konsumen yang hendak mengirim pesan langsung atau men-tag Anda dengan pertanyaan-pertanyaan. 

Penelitian sendiri menunjukkan 68 persen konsumen mengharapkan bisnis-bisnis yang memiliki medsos untuk membalas kiriman pesan mereka dalam waktu kurang dari dua jam. 

Memperkuat interaksi

Agar dapat meraup keuntungan dari pemasaran di medsos, Anda harus membuat konten-konten yang menyenangkan bagi followers. Semakin banyak followers yang berinteraksi di medsos Anda, semakin kuat juga kemungkinan mereka mengunjunginya di lain waktu untuk mengikuti konten terbaru.

Ada banyak cara untuk meningkatkan keterikatan dengan followers akun medsos Anda. Pertama, disarankan bagi Anda untuk mempublikasikan sebuah konten dengan substansi yang mendorong followers untuk memberikan komentarnya.

Selain itu, juga bisa mengadakan online giveaways agar akun media sosial Anda dapat memperluas pasar konsumen. Sederhananya, Anda sebagai pemilik akun medsos akan memberikan produk gratis atau hadiah kepada konsumen. Sebagai timbal baliknya Anda akan meminta mereka untuk mempromosikan konten-konten dari medsos dan mengirimkannya ke teman-teman mereka. Ketika Anda hendak memberikan hadiah tersebut, buatlah suatu event khusus untuk mengumumkannya dan jangan lupa untuk memberikan hadiah kupon online dan sejenisnya kepada followers yang belum beruntung. Langkah ini dapat menciptakan keterikatan antara Anda dengan konsumen melalui menu komentar di medsos.

Editor : Ranto Rajagukguk