Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tuntas Minggu Depan

Aditya Pratama ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 14:42 WIB
Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tuntas Minggu Depan

Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto:

JAKARTA, iNews.id - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kini tak lagi terganjal masalah pembebasan lahan. Saat ini, progres lahan yang dibebaskan hampir mencapai 100 persen.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan, lahan untuk kereta cepat yang belum dibebaskan tinggal menyisakan satu bidang tanah.

"Tinggal satu bidang, mungkin minggu depan sudah selesai. Jadi, lahan 100 persen udah selesai," kata Chandra usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, PT KCIC telah membentuk tim pembebasan lahan. Langkah ini diapresiasi oleh Duta Besar China untuk Indonesia.

"Tidak ada apa-apa, kita menyelesaikan masalah-masalah tanah, bagus banget, Pak Dubes juga apresiasi dengan apa yang kita lakukan, ini tinggal konsinyasi saja," katanya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, PT KCIC saat ini tengah fokus mempercepat konstruksi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Dia yakin proyek tersebut bisa selesai tepat waktu.

"Tidak ada yang tertunda dan masih dijalankan karena fokus mengerjakan konstruksi, target operasi 2021," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah