Pemerintah Belum Berencana Bikin Jembatan Penghubung Jawa-Bali

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 19:10 WIB
Pemerintah Belum Berencana Bikin Jembatan Penghubung Jawa-Bali

Arus mudik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Ant0

JAKARTA, iNews.id - Kabar rencana pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Jawa dan Bali mencuat. Jembatan yang melewati Ketapang-Gilimanuk tersebut merupakan kelanjutan dari jaringan Tol Trans Jawa.

"Kita belum punya rencana sampai sekarang untuk membangun jalan tol dari Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur ke Gilimanuk, Bali, belum ada ke arah sana," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra Saleh, Jumat (26/6/2020).

Endra menjelaskan, hingga saat ini belum ada investor yang berminat untuk membangun jembatan di atas Selat Bali. Proyek semacam itu dinilainya membutuhkan dana besar di samping waktu studi yang panjang.

Selama ini, masyarakat yang hendak menyeberang dari Jawa ke Bali atau sebaliknya menggunakan kapal feri. Dia mengatakan, transportasi itu akan tetap dipertahankan, sama halnya dengan jalur penghubung Jawa-Sumatra.

"Dari Pelabuhan Merak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni itu tetap menggunakan kapal feri," ujar Endra.

Menurut dia, Presiden Jokowi telah memiliki visi yang jelas bahwa konektivitas laut harus diperkuat. Atas dasar itulah, pembangunan tol laut diberlakukan.

"Tol laut itu bukan kita berarti membangun jalan tol di atas Selat Bali atau menghubungkan Pulau Jawa dan Bali dalam pengertian fisik, bukan karena tetap konektivitas Jawa dan Bali menggunakan kapal feri, namun kapal dan pelabuhannya yang dimodernisasi," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah