Pemerintah Cari Keseimbangan Harga Tiket supaya Tidak Terlalu Tinggi

Heri Purnomo · Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:14:00 WIB
Pemerintah Cari Keseimbangan Harga Tiket supaya Tidak Terlalu Tinggi
Menhub Budi Karya mengatakan, pemerintah masih mencari keseimbangan tarif tiket pesawat supaya tidak terlalu tinggi. Foto: Tangkapan layar dari YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah masih mencari keseimbangan tarif tiket pesawat maupun tarif di sektor transportasi lainnya supaya tidak terlalu tinggi. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mengatur secara detail agar tarif di sektor transportasi udara tidak terlalu tinggi.

“Saya sudah sampaikan ke Pak Dirjen, kami akan bicara detail dengan pemangku sektor transportasi lainnya. Satu hal penting adalah keikutsertaan pemda berbagi dengan sistem sharing atau subsidi kepada masyarakat,” kata dia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8/2022). 

Menurutnya, pemberian subsidi dari pemda disebabkan masih adanya inefisiensi yang menyebabkan sejumlah angkutan transportasi mengalami tingkat okupansi yang rendah atau tidak sampai 50 persen. 

“Artinya dengan tingkat keterisian yang rendah itu, membuat keharusan mereka menetralisir harga. Kalau itu ada subsidi, mereka membantu memasarkan hingga akoupansi naik, harga akan bisa dipertahankan. Harga itu kan berbanding lurus dengan tingkat keterisian yang ada,” ujarnya. 

Menhub menambahkan, tingkat keterisian transportasi seperti transportasi angkutan udara harus bisa diatur dengan baik meski faktor utama operasional pesawat, yakni harga avtur sedang tinggi. 

“Karena itu pengaturan yang baik demi menjaga keseimbangan harga atau tarif pesawat harus dikoordinasikan dengan daerah agar inflasi tidak tinggi. Per kluster, misalnya di Sulsel, Sumsel, Kalimantan, Aceh dan daerah lain kita ajak bicara supaya okupansinya juga bisa lebih baik,” ucapnya.

Sementara pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, saat ini maskapai penerbangan masih mengalami kerugian. Hal tersebut yang sulit untuk menurunkan harga tiket pesawat

Dia menuturkan, maskapai  penerbangan masih mampu bertahan dalam melakukan kegiatan penerbangan karena adanya silang subsidi dari rute penerbangan yang tingkat okupansinya banyak. 

"Saat ini maskapai penerbangan masih bertahan walau sering rugi. Kadang bisa subsidi silang dari rute yang penumpangnya banyak," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (18/8/2022). 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda