Penempatan Dana Pemerintah ke Bank BUMN Masih Diproses

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 15:02 WIB
Penempatan Dana Pemerintah ke Bank BUMN Masih Diproses

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan menempatkan dana Rp30 triliun kepada empat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Keempat bank itu yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo mengakui hingga saat ini belum ada satu rupiah pun dana pemerintah yang ditempatkan pada bank BUMN. Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan saat ini masih mengurus syarat-syarat administrasi.

"Saat ini dalam proses pengurusan administrasi. Itu urusan Dirjen Perbendaharaan ke bank BUMN (Himbara), misalnya surat ke BI dan lain-lain," ujar Yustinus, Minggu (28/6/2020).

Dia mengatakan, penempatan dana pemerintah merupakan kebijakan pembagian beban (burden sharing) antara BI dan pemerintah. Detailnya, kata dia, masih difinalisasi.

"Ini sedang proses finalisasi, diskusinya sangat kondusif, nanti skema finalisasinya disampaikan oleh Gubernur BI dan Menkeu. Kan untuk pendanaan jangka panjang jadi harus detail," ujarnya.

Dia memastikan kebijakan ini sudah final. Penempatan dana tersebut, kata dia, dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70 Tahun 2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Editor : Rahmat Fiansyah