Penerimaan Cukai Rokok Naik, Airlangga: Makin Pusing, Makin Banyak yang Merokok

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 18:32 WIB
Penerimaan Cukai Rokok Naik, Airlangga: Makin Pusing, Makin Banyak yang Merokok

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengonsumsi rokok. Kinerja Industri hasil tembakau (IHT) diprediksi masih tumbuh meski sebagian besar dunia usaha tertekan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, indikasi itu terlihat dari penerimaan negara dari industri rokok dan tembakau. Dia menduga, banyaknya orang merokok karena pusing dengan kondisi saat ini.

"Makin pusing, makin banyak yang ngerokok, sejak awal tahun ini atau year to date, penerimaan negara dari sektor industri rokok dan tembakau masih tumbuh 46 persen," ujar Airlangga, Jumat (26/6/2020).

Menurut dia, IHT merupakan salah satu sektor usaha yang 'kebal' corona. Selain itu, beberapa sektor lainnya yaitu industri kesehatan, industri makanan minuman (mamin), dan industri tekstil. Dia menyebut, ketiga sektor itu potensial karena permintaan pasar masih besar.

"(Sektor) mamin, kesehatan, dan tekstil akan menjadi pemenang. Farmasi misalnya, kebutuhannya tinggi, naik baik dari domestik maupun internasional 13 persen," ujarnya.

Mantan menteri perindustrian itu menambahkan, sektor pariwisata, konstruksi, dan transportasi menjadi ketiga sektor yang terdampak paling parah akibat Covid-19.

Editor : Rahmat Fiansyah