Pengusaha Transportasi Happy SIKM Dihapus

Ichsan Amin ยท Senin, 20 Juli 2020 - 11:05:00 WIB
Pengusaha Transportasi Happy SIKM Dihapus
Bus AKAP. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pengusaha transportasi mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menghapus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Langkah tersebut dinilai akan menggerakkan transportasi umum.

Sekretaris Jenderal DPP) Organisasi Angkutan Darat (Organda), Ateng Aryono mengatakan langkah Pemprov DKI meniadakan SIKM akan meningkatkan kembali animo masyarakat menggunakan transportasi umum.

Dia yakin masyarakat memilih transportasi umum yang legal daripada angkutan ilegal pelat hitam. Menurut Ateng, transportasi legal akan lebih baik dalam menerapkan prosedur kesehatan.

“Hal ini membuat manajemen demand sangat bagus, namun tidak menghilangkan niatan orang dan mengurangi celah angkutan pribadi yang bertindak sebagai angkutan umum yang selama ini tidak ada penindakan tegas,” ujar Ateng, Senin (20/7/2020).

Dia menyebut, pengganti SIKM yaitu Corona Likelihood Metric (CLM) cukup baik, namun perlui disosialisasikan dengan baik. Banyak yang masih belum mengetahui prosedurnya.

Ateng mengungkapkan, pengguna angkutan umum mulai meningkat saat new normal. "Saat ini okupansi 20-30 persen, kalau masa PSBB itu kan bener-bener tinggal 10 persen. Untuk itu, kami tidak mematok target yang spesifik setelah ditiadakan," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah