Penonton Sepi, Cineworld Tutup Semua Bioskop di AS dan Inggris

Djairan ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 08:54:00 WIB
Penonton Sepi, Cineworld Tutup Semua Bioskop di AS dan Inggris
Ilustrasi bioskop. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Jaringan bioskop terbesar kedua di dunia Cineworld mengumumkan langkah terbarunya untuk menutup sementara semua layarnya di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Hal tersebut karena Covid-19 yang membuat jumlah penonton hampir hilang tak tersisa.

Perusahaan yang juga pemilik Regal Cinemas itu mempekerjakan 37.482 karyawan di 787 tempat di AS, Inggris, dan Eropa Tengah dengan 546 bioskop terbanyak di Amerika. Cineworld akan mulai menutup semua layar di AS, Inggris dan Irlandia mulai minggu ini, meskipun belum mengumumkan secara rinci tanggal tersebut.

“Kami dapat memastikan perusahaan sedang mempertimbangkan penutupan sementara bioskop kami di Inggris dan AS, tetapi keputusan mengenai waktu belum tercapai. Setelah keputusan dibuat, kami akan memberikan info terbaru kepada semua staf dan pelanggan secepat mungkin,” ujar juru bicara Cineworld, dikutip dari Reuters Senin (5/10/2020).

Harapan industri perfilman untuk bangkit dari krisis semakin terlihat suram, seperti perilisan film James Bond terbaru ‘No Time To Die’ yang terpaksa ditunda hingga 2021. Hal itu karena meningkatnya kasus infeksi virus corona yang membuat banyak negara kembali memberlakukan lockdown untuk kesekian kalinya.

Cineworld yang terdaftar di bursa saham London itu telah menulis surat kepada Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dan Menteri Kebudayaan Oliver Dowden untuk memperingatkan industri film tampaknya tak dapat bertahan. Perusahaan juga memperingatkan investor pada 24 September lalu, mereka mungkin perlu mengumpulkan lebih banyak uang jika bisnisnya terpaksa ditutup lagi.

Upaya untuk menarik kembali penonton ke bioskop terbukti tak membuahkan hasil. Sementara itu, jaringan bioskop yang lebih besar seperti AMC Entertainment telah membuka kembali banyak lokasi di wilayah yang kerumunannya tipis.   


Editor : Ranto Rajagukguk