Per Juni 2021, Kerja Sama Investasi China-ASEAN Tembus Rp4,4 Kuadriliun

Dinar Fitra Maghiszha ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 14:05:00 WIB
Per Juni 2021, Kerja Sama Investasi China-ASEAN Tembus Rp4,4 Kuadriliun
Asisten Menteri Perdagangan China, Ren Hongbin.

BEIJING, iNews.id - Hubungan ekonomi China dan negara-negara di Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dilaporkan meroket 85 persen selama 3 dekade terakhir.

Hal itu, terlihat dari nilai kerja sama investasi antara China dan ASEAN tembus 310 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp4.473 triliun (Rp4,4 kuadriliun). 

Sementara pendapatan bisnis di perusahaan China yang memiliki kontrak proyek di negara-negara ASEAN hampir mendekati 350 miliar dolar AS atau Rp 5.064 triliun (Rp5,064 kuadriliun).

Asisten Menteri Perdagangan China, Ren Hongbin, mengatakan ASEAN merupakan salah satu tujuan investasi utama serta sumber investasi asing langsung (FDI) dari China. 

Beberapa sektor yang berkembang pesat seperti: manufaktur, pertanian, infrastruktur, teknologi high-tech, ekonomi digital, dan ekonomi hijau.

Ren menyebut China juga telah menjadi mitra dagang terbesar ASEAN selama 12 tahun berturut-turut. "Tercatat pada semester pertama 2021, perdagangan bilateral China dan ASEAN mencatatkan pertumbuhan 38,2 persen year on year," kata Ren seperti dilansir Xinhua, Jumat (30/7/2021).

Dia menegaskan, China akan terus aktif mempromosikan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan negara-negara ASEAN, termasuk meningkatkan kerjasama melawan Covid-19 dan mendorong implementasi kesepakatan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Expo ke-18 dan China-ASEAN Business and Investment Summit akan digelar pada 10-13 September 2021 di kota Nanning, ibukota wilayah Guangxi Zhuang.

Wakil Gubernur Guangxi, Liu Hongwu mengatakan bahwa penyelenggara telah menyiapkan area seluas 124.000 meter persegi yang dikhususkan untuk anggota RCEP dan negara-negara lain serta berbagai perusahaan yang masuk dalam jaringan perdagangan China.

Editor : Jeanny Aipassa