Perkuat BUMN, Erick Thohir Akan Perketat Pendirian Anak hingga Cicit Usaha

Aditya Pratama ยท Senin, 02 Desember 2019 - 17:49 WIB
Perkuat BUMN, Erick Thohir Akan Perketat Pendirian Anak hingga Cicit Usaha

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - BUMN kini tak bisa leluasa lagi untuk membentuk anak hingga cicit usaha. Pasalnya, BUMN yang hendak memperluas lini bisnisnya harus minta izin terlebih dahulu.

Menteri BUMN Erick Thohir akan memperketat BUMN yang hendak mendirikan anak, cucu, atau cicit usaha. Setiap aksi korporasi bisnis semacam itu, kata dia, harus disertai alasan yang jelas. Syarat-syaratnya akan diatur dalam peraturan menteri (permen) BUMN.

"Kita akan mengeluarkan permen yang isinya bahwa pembentukan anak perusahaan ataupun cucu perusahaan itu harus ada alasannya," ujar Erick di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12/2019).

BACA JUGA:

Evaluasi Dirut & Komut BUMN Tiap Bulan, Erick Thohir: Biar Gampang Kalau Nyopot

Erick Thohir Harap Direksi dan Komisaris BUMN Tak Bikin Gurita Bisnis yang Merusak

Pemilik Mahaka Group ini berjanji permen BUMN itu segera dikeluarkan. Dengan demikian, Kementerian BUMN memiliki hak untuk mengintervensi rencana pembentukan anak hingga cicit usaha.

"Permen ini harus segera dikeluarkan tentu dengan seizin kementerian lain. Tapi disitu lah kita juga ada hak me-review anak-anak perusahaan ini," katanya.

Erick menambahkan, rencana itu dilakukan bukan tanpa alasan. Dia tidak ingin ada BUMN yang masih sehat namun bisa terpapar risiko karena membuat anak usaha.

"Karena saya tidak mau juga perusahaan BUMN yang masih sehat ke depannya tergerogoti oleh oknum yang sengaja menggerogoti perusahaan yang sehat itu," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah