Permintaan Meningkat, Harga Minyak Naik

Ranto Rajagukguk ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 08:24 WIB
Permintaan Meningkat, Harga Minyak Naik

Harga minyak naik. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak Amerika Serikat (AS) naik 1,23 persen pada Kamis (16/1/2020), didukung optimisme investor pada permintaan minyak dan ekonomi makro.

Mengutip Xinhua, Jumat (17/1/2020), optimisme seputar permintaan melonjak menyusul penandatanganan perjanjian perdagangan fase-satu antara AS dan China serta persetujuan Senat AS untuk Perjanjian AS-Meksiko-Kanada, menurut Phil Flynn, analis pasar senior.

Aktivitas umum saat ini dari industri manufaktur Januari 2020 yang dikeluarkan oleh Federal Reserve Bank of Philadelphia pada Kamis melonjak menjadi 17 dari 2,4 untuk Desember 2019, sehingga mengangkat sentimen pasar secara material.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik 0,71 dolar AS menjadi 58,52 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Produksi minyak mentah yang kuat dari negara-negara penghasil minyak di luar Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan cadangan minyak yang tinggi memberikan dasar yang kuat untuk bereaksi terhadap segala peningkatan ketegangan geopolitik, kata laporan yang dirilis oleh Badan Energi Internasional (IEA) pada hari Kamis.

Namun, kelebihan pasokan minyak mentah dari OPEC pada paruh pertama tahun 2020 membebani pasar dan mengakibatkan penurunan sementara harga minyak di pasar semalam.

Permintaan minyak mentah OPEC turun menjadi 28,5 juta barel per hari selama paruh pertama 2020 dibandingkan dengan produksi OPEC 29,44 juta barel per hari pada Desember 2019, kata laporan IEA.

Editor : Ranto Rajagukguk