Sinergi BUMN

Pertamina Berikan Kepastian Harga dan Pasokan BBM untuk 4 BUMN Tambang

Rully Ramli ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 20:08 WIB
Pertamina Berikan Kepastian Harga dan Pasokan BBM untuk 4 BUMN Tambang

Pertamina resmi menjalin kerja sama dengan empat BUMN tambang untuk menyalurkan BBM. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id – PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama operasional dengan empat BUMN pertambangan, yaitu PT Inalum (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, dan PT Timah Tbk. Kerja sama itu terkait dengan penyaluran bahan bakar ke operasi tambang keempat perusahaan tersebut.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, melalui kerja sama ini, Pertamina akan memasok BBM ke perusahaan-perusahaan tersebut dengan harga acuan yang telah ditetapkan. Dia memastikan, Pertamina tetap akan memberikan layanan terbaik.

“Dengan varian produk yang lengkap dan berkualitas serta layanan yang komprehensif melalui layanan Vendor Held Stock (VHS) dan Franco, Pertamina telah berpengalaman memasok kebutuhan BBM banyak perusahaan di Indonesia,” kata Nicke di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Dia menambahkan, kerja sama tersebut berlaku lima tahun ke depan. Nantinya, Pertamina akan memasok BBM jenis biosolar dan marine fuel oil (MFO) 180 sebesar 25.000 per bulan dan berpotensi dinaikkan menjadi 40.000 liter per bulan.

Menteri BUMN Rini Soemarno senang dengan adanya kerja sama antara Pertamina dan holding pertambangan ini. Dia menyebut kerja sama ini sebagai bentuk konkret sinergi BUMN yang dia harapkan.

"Ini adalah suatu langkah yang sangat penting, sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa. Dengan sinergi antar BUMN ini diharapkan efisiensi bisa bertambah, BUMN makin untung dan pelayanan ke masyarakat bisa makin optimal," ujar dia.

Direktur Layanan Strategis Inalum, Ogi Prastomiyono mengatakan industri pertambangan merupakan salah satu pengguna terbesar BBM. Sinergi dengan Pertamina dilakukan sejalan dengan rencana bisnis Inalum yang terus mendorong efisiensi and produktivitas perusahaan, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

"Dengan kerja sama ini, maka perseroan dapat melakukan efisiensi sekaligus mendapat jaminan pasokan BBM sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dengan harga yang kompetitif,” ujar Ogi.


Editor : Rahmat Fiansyah