Pertamina Resmikan Rumah Pembibitan Mangrove berkapasitas 4.000 Bibit

Diaz Abraham ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 14:37 WIB
Pertamina Resmikan Rumah Pembibitan Mangrove berkapasitas 4.000 Bibit

Pertamina (Persero) Refinery Unit V Balikpapan meresmikan rumah pembibitan mangrove Margomulyo. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id - Pertamina (Persero) Refinery Unit V Balikpapan meresmikan rumah pembibitan mangrove Margomulyo. Pembangunan rumah pembibitan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina RU V Balikpapan terhadap kelestarian alam.

Kegiatan peresmian ini dilakukan di Aula SMA 8 Balikpapan oleh General Manager RU V Mulyono. Sedangkan kegiatan visitasi ke rumah pembibitan Margomulyo dilangsungkan menjelang sore hari. Tujuan pembangunan ini secara khusus untuk pemulihan fungsi kawasan mangrove yang terkena dampak tumpahan minyak pada 31 Maret 2018 lalu. 

"Pembangunan rumah pembibitan ini adalah wujud nyata dari komitmen Pertamina untuk merehabilitasi kawasan mangrove yang terkena dampak tumpahan minyak 2018 lalu. Komitmen ini akan terus berjalan seiring dengan kebermanfaatan rumah pembibitan yang hari ini kita resmikan," kata Mulyono saat peresmian tersebut, Kamis (30/1/2020).

Jenazah korban pengeroyokan hingga tewas saat dibawa ke rumah duka. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

Acara peresmian rumah pembibitan mangrove Margomulyo ini termasuk dalam salah satu rangkaian acara Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2020. Rumah pembibitan dengan luas 48 m2 ini memiliki kapasitas daya tampung hingga 4.000 bibit mangrove. 

Rumah bibit tersebut diharapkan dapat menjadi pusat rehabilitasi, edukasi, serta pengembangan ekosistem mangrove di Kota Balikpapan. Kehadirannya diharapkan menjadi laboratorium untuk tempat praktis budidaya berbagai macam jenis mangrove sehingga mampu menghasilkan bibit kualitas baik. 

Pemanfaatan dan pengelolaan rumah bibit akan dilaksanakan oleh kelompok tani tepian manunggal abadi, serta dilakukan monitoring selama dua tahun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB). Kegiatan ini disambut baik oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, serta apresiasi tinggi beberapa pihak seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Barat, serta Lurah Margomulyo. Dalam sambutannya, Rizal berharap rumah mangrove ini menjadi pusat edukasi ekosistem mangrove di Kota Balikpapan. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina RU V yang memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap lingkungan. Semoga dengan adanya rumah pembibitan ini dapat membantu dan menjadi pusat edukasi mengenai ekosistem mangrove di Balikpapan," ujarnya. 

Pelaksanaan pengembangan rumah edukasi Margomulyo ini turut serta merangkul SMA 8 Balikpapan, sebagai sekolah berwawasan lingkungan dengan konsentrasi mangrove. Gelaran ini turut dihadiri oleh perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan anggota Kelompok Tani Tepian Manunggal Abadi selaku mitra pengelola rumah pembibitan.

Acara peresmian rumah pembibitan akan diteruskan dengan pelaksanaan seminar edukasi dan interpreter mangrove bagi 70 siswa relawan mangrove yang selama ini telah dilatih oleh sekolah. Acara tersebut dilangsungkan pada (31/1/2020) di aula SMA 8 Balikpapan. 

Pelestarian lingkungan hidup dan kehidupan di dalamnya hanya akan menjadi sebuah keniscayaan tanpa kerja sama seluruh pihak terkait. Pertamina akan selalu mendukung upaya pemerintah dan masyarakat Kota Balikpapan dalam upaya pelestarian mangrove. (adv)


Editor : Ranto Rajagukguk