Perusahaan Siap Bayar hingga Rp1 Juta per Orang untuk Vaksin Gotong Royong

Antara ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 15:40:00 WIB
Perusahaan Siap Bayar hingga Rp1 Juta per Orang untuk Vaksin Gotong Royong
Wakil Ketua Umum Kadin, Shinta Kamdani. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyatakan, ribuan perusahaan mendaftar untuk ikut program vaksin gotong royong. Berbagai perusahaan tersebut siap membayar hingga Rp1 juta per orang untuk satu set vaksin.

"Kami sudah sampaikan antara Rp500.000 sampai Rp1 juta untuk satu set vaksin, untuk dua kali penyuntikan," kata Wakil Ketua Umum Kadin, Shinta Widjaja Kamdani, Rabu (3/3/2021).

Menurut Shinta, banyak perusahaan yang berminat untuk membayar karyawannya divaksin secara gratis. Sejauh ini, ada sekitar 8.300 perusahaan yang mendaftar di Kadin untuk ikut dengan asumsi 6,9 juta karyawan dan keluarganya disuntik.

"Terakhir sudah 8.300, ini sementara kami setop dulu karena kami lagi evaluasi sekarang bersama pemerintah," katanya.

Program vaksin gotong royong telah mendapatkan payung hukum usai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021 terbit. Permen tersebut mengatur batas atas harga namun belum ditetapkan secara pasti karena produknya belum tersedia. Yang jelas, vaksin yang diizinkan dalam program ini hanya Sinopharm dan Pfizer.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu menambahkan, Kadin telah berkoordinasi dengan PT Bio Farma (Persero) selaku induk holding BUMN farmasi yang mengimpor vaksin terkait sistem distribusi dan harga jual vaksin.

"Untuk dari pengadaannya harus melalui Biofarma, jadi Kadin ada perjanjian dengan Biofarma untuk pengadaan vaksinnya. Dan juga sudah mengusulkan beberapa perusahaan swasta yang membantu distribusi logistik cold chain-nya," kata Shinta.

Editor : Rahmat Fiansyah