PTBA Sebut Proyek Gasifikasi Batu Bara Terus Berlanjut, Ini Progresnya

Aditya Pratama ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 15:20 WIB
PTBA Sebut Proyek Gasifikasi Batu Bara Terus Berlanjut, Ini Progresnya

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arviyan Arifin. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memastikan proyek gasifikasi batu bara terus dilanjutkan. Proyek itu dinilai menandai komitmen perusahaan pelat merah itu mendorong hilirisasi tambang.

Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin mengatakan, perseroan telah menandantangani perjanjian dengan Air Products & Chemicals Inc pada 2019. Perusahaan asal AS tersebut merupakan mitra strategis dalam proyek ini yang berperan sebagai investor dan pemilik teknologi, sekaligus offtaker.

Pada tahun ini, kata Arviyan, PTBA tengah mematangkan persiapan pembangunan dari sisi front end engineering design (FEED). Setelah selesai, tahapan selanjutnya yaitu engineering, procurement, and construction (EPC). Pembangunan akan dilakukan setelah seluruh persyaratan prakonstruksi rampung.

"Kita tetap akan meneruskan project ini sebagai diketahui sudah memiliki partner, investor, sekaligus provider teknologi, Air Products," kata Arviyan, Rabu (10/6/2020).

Dia mengatakan, pabrik ini akan memproduksi dimethyl ether (DME) dan methanol. Kedua produk tersebut dinilai akan dibutuhkan pada masa depan.

"Pabrik ini ditargetkan mulai berproduksi komersial pada tahun 2025 dengan konsumsi batu bara sekitar 6 juta ton per tahun selama minimal 20 tahun," ucap Arviyan.

Pada 2020, PTBA menargetkan produksi batu bara mencapai 30,3 juta ton, lebih tinggi sekitar 4 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar 29,1 juta ton.

Editor : Rahmat Fiansyah