Pulihkan Ekonomi, Erick Thohir Bakal Jemput Investasi Asing

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:55 WIB
Pulihkan Ekonomi, Erick Thohir Bakal Jemput Investasi Asing

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan mendorong investasi asing sebagai strategi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, investasi tersebut akan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mendongkrak investasi.

"Perbaikan yang dilakukan Presiden mengenai iklim investasi sudah sangat baik. Apalagi kita kerja sama dengan BKPM jadi dalam waktu dekat nanti Pak BKPM yang akan eksekusi. Kita ingin ambil momentum biar kita tidak kalah dengan Vietnam," kata Erick dalam dalam diskusi FMB9 "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin mengatakan Menteri Erick Thohir akan menjemput langsung investor asing untuk bisa berinvestasi ke Indonesia.

"Kayak investasi pembukaan di Dubai udah dibuka nah Pak Erick nanti akan jemput mereka datang untuk berinvestasi, baik aktivitas ekspor dan investasi akan kita manfaatkan untuk mendatangkan investor asing," ujar Budi

Pemerintah, kata Budi, akan tetap menerapkan kebijakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada setiap investasi asing yang masuk. Dengan begitu, keberadaan investasi bisa berdampak positif bagi perekonomian.

"Kita tetap tawarkan TKDN kita ke mereka, intinya kita membikin nyaman investor asing untuk datang ke Indonesia," ujar Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional itu.

Editor : Rahmat Fiansyah