Punya Pendapatan Tetap, Kelas Menengah Dominasi Konsumsi saat Covid-19

Antara ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 13:58 WIB
Punya Pendapatan Tetap, Kelas Menengah Dominasi Konsumsi saat Covid-19

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy N Mandey. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 menekan daya beli masyarakat. Kini, konsumsi selama pandemi didominasi oleh kelas menengah yang memiliki pendapatan tetap.

"Hampir 50 persen konsumsi di Indonesia berada di kelas menengah yang memiliki pendapatan tetap," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, Jumat (29/5/2020).

Menurut Roy, kelas atas saat ini mengurangi konsumsi sementara daya beli kelas marginal sangat lemah karena tertekan Covid-19. Pandemi diakuinya membuat konsumsi turun karena banyak toko ritel yang tutup.

Roy menilai, konsumsi rumah tangga tetap akan menjadi pendorong utama ekonomi. Atas dasar itulah, kata dia, prospek industri ritel masih bisa terus berkembang.

Namun, Komisaris Hypermart itu menambahkan, wabah virus corona memaksa ritel memperkuat infrastruktur digital. Digitalisasi, kata dia, akan mewarnai semua kegiatan bisnis pasca Covid-19.

"Sekarang ini kita hidup dengan digital dan tentunya digitalisasi ini akan mewarnai semua kegiatan atau fungsi kita," ujarnya.

Menurut Roy, operasional bisnis yang bergantung pada dunia digital ke depan akan menjadi keniscayaan. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu beradaptasi secepat mungkin.

Editor : Rahmat Fiansyah