Raja Sawit Robert Kuok Kembali Jadi Orang Terkaya di Malaysia

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 23:59 WIB
Raja Sawit Robert Kuok Kembali Jadi Orang Terkaya di Malaysia

Robert Kuok. (Foto: Forbes)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Tan Sri Robert Kuok kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di Malaysia pada tahun ini. Padahal, kekayaan Kuok turun sekitar Rp30 triliun bila dibandingkan tahun lalu.

Dikutip dari Forbes, Kamis (14/3/2019), kekayaan Kuok mencapai 12,8 miliar dolar AS atau Rp180 triliun. Di Malaysia, dia dikenal dengan julukan raja sawit dan raja gula.

Konglomerat Negeri Jiran itu memiliki Kuok Group yang lini bisnisnya tersebar mulai dari sawit hingga properti. Meski memiliki perusahaan sawit sendiri Agrifert, sebagian besar kekayaan Kuok berasal dari Wilmar International, perusahaan raksasa sawit di Asia Tenggara.

Kuok Group diketahui merupakan pemegang saham terbesar Wilmar. Perusahaan tersebut didirikan oleh mendiang sepupunya, Kuok Khoon Hong bersama Martua Sitorus, miliarder asal Indonesia.

Kuok sempat dijuluki Raja Gula Asia setelah menguasai lebih dari 80 persen pasar gula di Malaysia. Namun, perusahaan tersebut dijual pada 2009 kepada FELDA senilai 1,29 miliar ringgit.

Di bidang properti, Kuok memiliki sejumlah mal seperti Tanglin Mal dan Great World City. Dia juga tercatat sebagai pemilik Shangri-La Hotel and Resorts dengan lebih dari 100 hotel tersebar di seluruh dunia.

Dalam daftar orang terkaya Forbes, posisi Kuok turun dari 96 menjadi 104. Penurunan tersebut tidak terlepas dari kekayaannya yang turun Rp28 triliun. Meskipun begitu, dia tetap bercokol di urutan teratas sebagai orang paling tajir di Malaysia.

Di posisi kedua, ada Tan Sri Quek Leng Chan dengan kekayaan 9,4 miliar dolar AS. Kekayaan Chan bertambah 2,2 miliar dolar AS dalam setahun terakhir.

Secara umum, ada 13 orang Malaysia yang masuk daftar orang terkaya di dunia karena memiliki kekayaan setidaknya 1 miliar dolar AS. Berikut 5 orang terkaya di Malaysia pada 2019:

1. Robert Kuok (Kuok Group) 12,8 miliar dolar AS
2. Quek Leng Chan (Hong Leong) 9,4 miliar dolar AS
3. Teh Hong Pioy (Public Bank) 6,7 miliar dolar AS
4. Ananda Krishnan (Maxis Communications, Astro) 6,2 miliar dolar AS
5. Lee Shin Cheng (IOI Corp) 5,4 miliar dolar AS


Editor : Rahmat Fiansyah