Resmi Diluncurkan, Ini 4 Target Gernas Bangga Buatan Indonesia

Shelma Rachmahyanti · Selasa, 28 September 2021 - 19:39:00 WIB
Resmi Diluncurkan, Ini 4 Target Gernas Bangga Buatan Indonesia
Logo Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 resmi diluncurkan. Program ini bertujuan mengajak masyarakat membeli dan menggunakan produk lokal buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Peluncuran Gernas BBI dilakukan di tiga tempat, yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Yogyakarta International Airport, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Berikut empat targer yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan Gernas BBI seperti dirangkum MNC Portal Indonesia: 

1. Transaksi Tembus Rp11,5 Triliun

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, mengatakan pemerintah menargetkan transaksi bisa menembus Rp11,5 triliun dengan penyelenggaraan Gernas Bangga Buatan Indonesia. Target tersebut dipatok berdasarkan transaksi hari belanja nasional (harbolnas) yang biasa jatuh di bulan November dan Desember.

"Pemerintah ikut menyebarkan luaskan program ini dengan target kita bisa mencapai lebih dari Rp11,5 triliun," kata Lutfi dalam konferensi pers Perkembangan dan Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional.

Lutfi berharap, dengan adanya program diskon yang ditawarkan serta gratis ongkir di hari BBI, bisa mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat. Ia menilai bahwa saat ini konsumsi masyarakat sedang berangsur pulih.

2. Bangkitkan Ekonomi RI

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, mengatakan pemerintah akan mengoptimalkan program Bangga Buatan Indonesia sebagai upaya membangkitkan kembali ekonomi.

Menurut dia, hal itu menjadi upaya pemerintah mendukung perdagangan dalam negeri, khususnya di Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI).

“Banyak sektor yang terdampak Covid-19, termasuk kemudian berimbas pada daya beli masyarakat. Ini adalah wujud kontribusi nyata dari para pengusaha dan pelaku sektor ritel untuk membangkitkan ekonomi,” kata Jerry dalam keterangannya.

Jerry menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan terus memberikan fasilitas dan dorongan kepada pelaku usaha di semua level agar bukan hanya bertahan, tetapi bangkit dan tumbuh. Performa perdagangan dalam negeri sendiri turut menjadi kekuatan yang membendung dampak Covid-19.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: