Resmi Diluncurkan, KecilinApp Jadi Aplikasi Penghemat Kuota Pertama di Dunia

Aditya Pratama ยท Kamis, 12 Maret 2020 - 15:13 WIB
Resmi Diluncurkan, KecilinApp Jadi Aplikasi Penghemat Kuota Pertama di Dunia

Aplikasi bernama KecilinApp ini dibangun oleh pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018, Christopher Farrel Millenio Kusuma. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Aplikasi penghemat kuota pertama di dunia karya anak bangsa bagi pengguna Android resmi meramaikan dunia digital. Aplikasi bernama KecilinApp ini dibangun oleh pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018, Christopher Farrel Millenio Kusuma.

Farrel mengatakan, dengan menggunakan KecilinApp, maka pengguna dapat mengakses aplikasi-aplikasi populer seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Tiktok, dan sebagainya tanpa buffering. Hal itu bisa digunakan dengan kuota yang lebih hemat hingga 90 persen dibandingkan dengan aplikasi aslinya.

"Aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan internet yang cepat dan murah di seluruh belahan dunia," ujar Farrel dalam peresmian KecilinApp di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Selain untuk masyarakat, KecilinApp juga memiliki produk B2B berupa API (Application Programing Interface) yang digunakan oleh perusahaan yang mengalami permasalahan storage data membengkak, transfer data yang mahal dan juga lama.

"Dengan API Kecilin, perusahaan dapat mengecilkan database hingga 99 persen tanpa perubahan atau kehilangan data, gambar hingga 80 persen, video hingga 75 persen dan dokumen hingga 50 persen tanpa kehilangan kualitas," kata dia.

Farrel merupakan pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018. Program kewirausahaan yang diselenggarakan Bank Mandiri sejak 2007 ini bertujuan untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang memiliki daya saing global sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa datang.

Assistant Vice President CSR Center Corporate Secretary Bank Mandiri, Diwangkoro Ratam mengatakan, penciptaan pengusaha baru itu dilakukan melalui sinergi yang kuat dengan lebih dari 300 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan telah menghasilkan lebih dari 36.000 wirausahawan baru, salah satunya, Christopher Farrel Millenio Kusuma. Millenial kelahiran Yogyakarta, 1 Januari 2000 itu telah berhasil menjadi juara pertama di bidang usaha teknologi digital dengan nama usahanya 'Kecilin'. 

“Kami di Bank Mandiri memiliki komitmen untuk mendorong penciptaan wirausaha-wirausaha baru di Indonesia karena ke depan, mereka dapat membantu menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berkelanjutan,” ucap Diwangkoro.

Farel menargetkan, KecililnApp akan diunduh oleh 10 Juta pengguna smartphone di seluruh dunia hingga akhir tahun 2020. Selanjutnya, aplikasi ini akan dikembangkan lebih baik lagi dengan kecepatan dan rasio kompresi yang lebih tinggi sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman yang lebih baik.

Editor : Ranto Rajagukguk